Sholat Jumat

khutbah-jumat-ldiiDalam Al-Quran surah Jumu’ah ayat 9, Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan Sholat Jum’at.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9)
“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bergegaslah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.”

Salat Jum’at hukumnya wajib bagi setiap Muslim. Sebagaimana tertulis dalam Hadist Sunan Nasai No. 1369 Kitabul Jum’ah Rasulullah SAW menegaskan barang siapa meninggalkan sholat Jum’at tiga kali berturut-turut dicap hatinya oleh Allah sebagai orang munafik.

1369 – أَخْبَرَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ عَبِيدَةَ بْنِ سُفْيَانَ الْحَضْرَمِيِّ، عَنْ أَبِي الْجَعْدِ الضَّمْرِيِّ، وَكَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ»
__________
[حكم الألباني] حسن صحيح
…Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa meninggalkan tiga kali Jum’at berturut-turut Allah mencap atas hatinya”
[Hadist Sunan Nasai No. 1369 Kitabul Jum’ah]

Menurut Hadist Abi Dawud No. 1067 ada 4 golongan boleh tidak mengikuti Salat Jum’at, yaitu:

  1. Seorang budak
  2. Seorang Wanita
  3. Anak kecil yang belum balig
  4. Orang yang sedang sakit.
1067 – حَدَّثَنَا عَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيمِ، حَدَّثَنِي إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا هُرَيْمٌ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ، عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً: عَبْدٌ مَمْلُوكٌ، أَوِ امْرَأَةٌ، أَوْ صَبِيٌّ، أَوْ مَرِيضٌ “، … الحدث»
__________
[حكم الألباني] : صحيح
…Nabi SAW bersabda Salat Jum’at sungguh-sungguh diwajibkan atas setiap Muslim dalam jamaah kecuali empat golongan: budak yang dimiliki, atau perempuan, anak kecil, atau orang sakit ….
[Hadist Abi Dawud No. 1067 Kitabu Shalah]

Mandi Junub Sebelum Salat Jum’at

Salah satu sunah yang sangat ditekankan sebelum pergi ke masjid untuk salat jum’at adalah mandi junub atau jinabat.

1376 – أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ»
__________
[حكم الألباني] صحيح
…sesungguhnya Rasulalloh SAW bersabda:”Ketika salah seorang kalian datang hari Jum’at maka mandilah”.
[Hadist Sunan Nasa’i No. 1376 Kitabu Jum’ah]


1381 – أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ مَنْصُورٍ، وَهَارُونُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ بَكَّارِ بْنِ بِلَالٍ، وَاللَّفْظُ لَهُ، قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو مُسْهِرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ يَحْيَى بْنِ الْحَارِثِ، عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ، عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «مَنْ غَسَّلَ وَاغْتَسَلَ، وَغَدَا وَابْتَكَرَ، وَدَنَا مِنَ الْإِمَامِ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا»
__________
[حكم الألباني] صحيح
… Nabi SAW bersabda:”Barang siapa mandi (junub) pada hari Jum’at, datang lebih lambat atau bersamaan atau lebih cepat daripada imam dan tidak lahan (berbuat sia-sia) ada baginya setiap langkah sebagaimana setahun puasa dan shalat”.
[Hadist Sunan Nasa’i No. 1381 Kitabu Jum’ah]

Waktu untuk Sholat Jum’at

Waktu sholat Jum’at dilaksanakan ketika matahari telah condong ke barat, sesuai dengan hadist Nasai No. 1390. Sholat Jum’at adalah pengganti dari sholat duhur.

1390 – أَخْبَرَنِي هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ آدَمَ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ عَيَّاشٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: «كُنَّا نُصَلِّي مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْجُمُعَةَ، ثُمَّ نَرْجِعُ فَنُرِيحُ نَوَاضِحَنَا» ، قُلْتُ: أَيَّةَ سَاعَةٍ؟ قَالَ: «زَوَالُ الشَّمْسِ»
__________
[حكم الألباني] صحيح
… Jabin bin Abdillah meriwayatkan :”Ada saya salat bersama Rasulillah SAW pada hari Jum’at, kemudian kami kembali dan melepaskan unta-unta kami”. Saya bertanya;”Kapankah saatnya (sholat Jum’at?” Nabi menjawab:”Condongnya matahari”.
[Hadist Nasai No. 1390 Kitabul Jum’ah]

Azan untuk Sholat Jumat

Sebelumnya, pada masa Rasulillah, masa Khalifa Abu Bakar dan Umar, azan untuk sholat Jumat dilakukan ketika imam telah duduk di mimbar. Pada masa kekhalifahan Usman ketika umat Islam telah berkembang banyak maka Usman meemrintahkan untuk azan pada hari Jum’at sebanyak tiga kali. Azan pertama dilakukan untuk memanggil umat yang ada di luar masjid, yang sedang bekerja, azan kedua dilakukan ketika imam telah duduk di mimbar menjelang khutbah dan ketiga adalah qomat untuk pelaksanaan salat.

1392 – أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، عَنْ يُونُسَ، عَنْ ابْنِ شِهَابٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي السَّائِبُ بْنُ يَزِيدَ، «أَنَّ الْأَذَانَ كَانَ أَوَّلُ حِينَ يَجْلِسُ الْإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ» ، فَلَمَّا كَانَ فِي خِلَافَةِ عُثْمَانَ، وَكَثُرَ النَّاسُ أَمَرَ عُثْمَانُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِالْأَذَانِ الثَّالِثِ، فَأُذِّنَ بِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ، فَثَبَتَ الْأَمْرُ عَلَى ذَلِكَ
__________
[حكم الألباني] صحيح
… dari Ibnu Syihab meriwayatkan, Saib bin Yazid berkata: ”Sesungguhnya azan pertama ketika imam duduk di mimbar hari Jum’at pada masa Rasulillah SAW, dan Abu Bakar, dan Umar”. Maka ketika ada pada masa kekhalifahan Usman, dan manusia telah bertambah banyak Usman memerintahkan pada hari Jum’at untuk azan tiga kali, maka di azani untuk kaum Azauro’I (umat yang sedang bekerja), maka ditetapkan perkara atas demikian”
[Hadist Nasai No. 1392 Kitabul Jum’ah]

Khutbah Jum’at

Sholat Jumat terdiri dari khutbah dan shalat dua rakaat. Khutbah Jum’at dilaksanakan dua kali yaitu khutbah pertama dan khutbah kedua dan khatib / imam duduk diantara dua khutbah tersebut.

1415 – أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شَرِيكٌ، عَنْ سِمَاكٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ، قَالَ: «جَالَسْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَا رَأَيْتُهُ يَخْطُبُ إِلَّا قَائِمًا وَيَجْلِسُ، ثُمَّ يَقُومُ فَيَخْطُبُ الْخُطْبَةَ الْآخِرَةَ»
__________
[حكم الألباني] صحيح
…Jabir bin Samurah meriwayatkan:”Saya duduk dengan Rasulullah SAW maka saya tidak melihat Nabi khutbah kecuali berdiri dan duduk, kemudian berdiri lagi maka membaca khutbah, khutbah yang terakhir”.
[Hadist Nasai No. 1415 Kitabul Jum’ah]

Sholat Jumat 2 Rakaat

Setelah imam selesai membacakan khutbah maka dilakukan qomat yang diikuti dengan sholat dua rakaat. Rangkaian terakhir dari pelaksanaan shalat Jumat adalah salat dua rakaat.

1420 – أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شَرِيكٌ، عَنْ زُبَيْدٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى، قَالَ: قَالَ عُمَرُ: «صَلَاةُ الْجُمُعَةِ رَكْعَتَانِ، وَصَلَاةُ الْفِطْرِ رَكْعَتَانِ، وَصَلَاةُ الْأَضْحَى رَكْعَتَانِ، …الحدث»
__________
[حكم الألباني] صحيح
…Umar bersabda sholat Jumat itu dua rakaat. Sholat Idul Fitri dua rakaat, salat Idul Adha dua rakaat…”
[Hadist Nasai No. 1420 Kitabul Jum’ah]
About these ads

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s