Umroh

Umroh adalah amalan ibadah yang terdiri dari Tawaf di Baitullah dan dilanjutkan Sai antara bukit Shofa Marwa dan diakhiri dengan cukur rambut kepala sampai gundul atau menggunting beberapa rambut saja kemudian lukar (melepas baju ihram).

Umroh dimulai dengan mandi junub, berpakaian ihrom, sholat dua rakaat dan membaca niat umroh di mikot. Selama perjalanan dari mikot ke Baitulloh membaca talbiyah. Contoh rangkaian praktek pelaksanaan ibadah umroh dan haji dari Rasululloh SAW bisa dikaji di Hadist Ibnu Majah No. 3074 atau Hadist Shohih Muslim No. 147 (1218).

Umroh adalah salah satu rukun Haji. Wajibnya umroh dalam haji dan kefadholannya tertuang dalan Al-Quran Surah Al-Bakarah ayat 196 dan Hadist Shohih Bukhori No. 1773. Di luar, haji umroh adalah ibadah sunah sebagai penghapus dosa antara satu umroh dengan umroh sebelumnya.

بَابُ وُجُوبِ العُمْرَةِ وَفَضْلِهَا
وَقَالَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: ” لَيْسَ أَحَدٌ إِلَّا وَعَلَيْهِ حَجَّةٌ، وَعُمْرَةٌ وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: ” إِنَّهَا لَقَرِينَتُهَا فِي كِتَابِ اللَّهِ {وَأَتِمُّوا الحَجَّ وَالعُمْرَةَ لِلَّهِ} [البقرة: 196]

1773 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ سُمَيٍّ، مَوْلَى أَبِي بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «العُمْرَةُ إِلَى العُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا، وَالحَجُّ المَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الجَنَّةُ»

… sesungguhnya Rasulallohu SAW bersabda: “Umroh sampai umroh berikutnya adalah penghapus dosa-dosa diantara kedua umroh itu, dan haji mabrur tidak ada baginya balasan kecuali surga”.
[Hadist Shohih Bukhori No. 1773 Kitabul Haji Babu Wujubil Umroti wa Fadliha]

Adapun rangkaian praktek umroh adalah sebagai berikut:

  1. Mandi Junub
  2. Berpakaian Ihrom
  3. Sholat dua rakaat di Mikot
  4. Membaca niat umroh: لَبّيْكّ اللهُمَّ عُمْرةً
  5. Membaca talbiyah selama perjalanan menuju Masjidil Harom mulai dari Mikot sampai di arah pojok Hajar Aswad di Baitullah.
  6. لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ
  7. Melaksanakan tawaf di Baitullah dilanjutkan dengan sholat dua rakaat di belakang Makom Ibrohim.
  8. Doa thowaf antara Hajar Aswad sampai Rukun Yaman:

    سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ، إِلَّا بِاللَّهِ

    Doa Thowaf ketika sampai Rukun Yaman hingga Hajar Aswad:

    اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
  9. Mengerjakan Sai Sofa Marwa sebanyak 7 (tujuh)kali.
    Sebelum menuju bukit Sofa disunahkan mengecup atau mengusap atau isaroh pada Hajar Aswad dan ketika akan naik bukit Sofa membaca doa:

    {بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ,أَعُوْذُبِالله منَ الِشَّيْطَانِالرَّجِيْمِ ,إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ} [البقرة: 158]

    Setelah sampai di bukit Shofa berdiri menghadap Kabah dan berdoa:

    اللَّهِ أَكْبَرُ, اللَّهِ أَكْبَرُ, اللَّهِ أَكْبَرُ,لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ

    Diucapkan sebanyak 3 kali dan ditambah doa-doa lain bebas.

    Kemudian turun dari bukit Shofa menuju Bukit Marwa. Ketika sampai di tempat bekas banjir yang sekarang ditandai dengan lampu hijau sampai lampu hijau berikutnya, lari kecil (ngincik = Jawa) sambil berdoa:

    رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ

    870 – حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا حَجَّاجُ بْنُ الْمِنْهَالِ، ثنا فُضَيْلُ بْنُ عِيَاضٍ، عَنْ مَنْصُورِ بْنِ الْمُعْتَمِرِ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ مَسْرُوقٍ، أَنَّ ابْنَ مَسْعُودٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ نَزَلَ مِنَ الصَّفَا فَمَشَى حَتَّى أَتَى الْوَادِيَ فَسَعَى فَجَعَلَ يَقُولُ: «رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ»

    [Hadist riwayat Thobroni]
  10. Di bukit Marwa mengerjakan seperti di Bukit Shofa.
    Perjalanan dari bukit Shofa sampai bukit Marwa dihitung 1 kali Sai, demikian pula dari bukit Marwa ke bukit Shofa juga dihitung 1 kali, begitu seterusnya sampai 7 kali. Berarti hitungan terakhir (ke tujuh) berakhir di bukit Marwa.
  11. Cukur rambut kepala sampai gundul atau menggunting rambut kepala kemudian lukar (melepas baju ihrom)

Praktek Umrah Nabi SAW dapat di kaji dalam Hadist Ibnu Majah No. 3074 atau Hadist Shohih Muslim No. 147 (1218). Beberapa catatan tentang kandungan hadist tersebut antara lain:

  1. Praktek umroh Nabi dalam Hadist Ibnu Majah No. 3074 atau Hadist Shohih Muslim No. 147 (1218) adalah umroh haji yang dilaksanakan pada tahun 10 Hijriyah.
  2. Haji Nabi pada tahun 10 Hijriyah itu adalah haji pertama sekaligus terakhir. Jadi Rasulullah SAW selama hidup berhaji hanya satu kali.
  3. Haji Nabi itu dilaksanakan bersama-sama dengan para sahabat dan umat Islam secara beramai-ramai, berangkat dari kota Madinah dan mengambil Mikot di Zulhulaifah.
  4. Semula sahabat dan umat Islam yang mengikuti Nabi niatnya adalah semata-mata Haji. Mereka belum tahu Umroh itu apa. Dalam hal ini, merubah niat dari niat haji menjadi niat umroh adalah boleh.
  5. Nabi bersama beberapa umat Islam (kurang lebih seratus orang) menyambung langsung umroh dengan hajinya dan masing-masing membawa hadiah satu ekor unta (Haji Qiron). Setelah selesai umroh Nabi tidak lukar (tidak melepas baju ihrom) dan memakainya sampai saat haji tiba dan lukar setelah proses haji selesai (setelah selesai melempar Jumroh aqobah).
  6. Umat Islam yang tidak membawa hadiyah onta saat itu diminta lukar setelah selesai Umroh (setelah selesai Sai Sofa Marwa). Umat Islam yang lukar setelah umroh berarti hajinya kategori Haji Tamatu’.

Mandi Junub Sebelum Berpakaian Ihrom

بَابُ مَا جَاءَ فِي الِاغْتِسَالِ عِنْدَ الإِحْرَامِ
830 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي زِيَادٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَعْقُوبَ المَدَنِيُّ، عَنْ ابْنِ أَبِي الزِّنَادِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ خَارِجَةَ بْنِ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّهُ «رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَجَرَّدَ لِإِهْلَالِهِ وَاغْتَسَلَ»
… Zaid bin Tsabit meriwayatkan dari ayahnya, sesungguhnya ayah melihat Nabi sholallohu alaihi wasallam ganti baju ihram dan mandi”.
[Hadist Sunan Termidhi No. 830 Abwabu Haji]


2934 – حَدَّثَنَا أَبُو مُصْعَبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حُنَيْنٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ، وَالْمِسْوَرَ بْنَ مَخْرَمَةَ، اخْتَلَفَا بِالْأَبْوَاءِ، فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ: يَغْسِلُ الْمُحْرِمُ رَأْسَهُ، وَقَالَ الْمِسْوَرُ: لَا يَغْسِلُ الْمُحْرِمُ رَأْسَهُ، فَأَرْسَلَنِي ابْنُ عَبَّاسٍ إِلَى أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ أَسْأَلُهُ عَنْ ذَلِكَ، فَوَجَدْتُهُ يَغْتَسِلُ بَيْنَ الْقَرْنَيْنِ، وَهُوَ يَسْتَتِرُ بِثَوْبٍ، فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ، فَقَالَ: مَنْ هَذَا قُلْتُ أَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ حُنَيْنٍ أَرْسَلَنِي إِلَيْكَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ أَسْأَلُكَ كَيْفَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْسِلُ رَأْسَهُ وَهُوَ مُحْرِمٌ، قَالَ: فَوَضَعَ أَبُو أَيُّوبَ يَدَهُ عَلَى الثَّوْبِ فَطَأْطَأَهُ، حَتَّى بَدَا لِي رَأْسُهُ، ثُمَّ قَالَ: لِإِنْسَانٍ يَصُبُّ عَلَيْهِ: اصْبُبْ ” فَصَبَّ عَلَى رَأْسِهِ، ثُمَّ حَرَّكَ رَأْسَهُ بِيَدَيْهِ، فَأَقْبَلَ بِهِمَا وَأَدْبَرَ، ثُمَّ قَالَ: هَكَذَا رَأَيْتُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُ “
__________
[حكم الألباني] صحيح
… Ibnu Abas mengutus kepadaku pada Abi Ayub Al-Anshori untuk menanyakan tentang perselisihan. Maka aku menjumpainya sedang mandi diantara dua tiang, dan dia menutupi dengan pakaian maka aku ucapkan salam; Dia Abi Ayub bertanya: Siapa ini? Aku menjawab Saya Abdullah bin Hunain. Abdullah bin Abas mengutusku untuk datang kepadamu, menanyakan bagaimana Rasulullah SAW membasuh kepalanya ketika mau ihrom? Abi Ayyub menjawab, maka Abi Ayyub meletakkan tangannya atas pakaian. Maka menjauhkan pakainnya sehingga aku tampak kepalanya. Kemudian Abi Ayyub berkata pada manusia untuk menuangkan kepadanya: “Tuangkanlah”, maka mereka menuangkan ke kepalanya kemudian membasuh kepalanya dengan tangannya. Menghadapkan dengan kedua tangannya dan menarik. Kemudian Abi Ayyub berkata beginilah saya melihat Rasulullah SAW mengerjakan.
[Hadist Ibnu Majah No. 2934 Kitabu Manasik]

Berpakaian Ihrom

1543 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا يَلْبَسُ المُحْرِمُ مِنَ الثِّيَابِ؟ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لاَ يَلْبَسُ القُمُصَ، وَلاَ العَمَائِمَ، وَلاَ السَّرَاوِيلاَتِ، وَلاَ البَرَانِسَ، وَلاَ الخِفَافَ إِلَّا أَحَدٌ لاَ يَجِدُ نَعْلَيْنِ، فَلْيَلْبَسْ خُفَّيْنِ، وَلْيَقْطَعْهُمَا أَسْفَلَ مِنَ الكَعْبَيْنِ، وَلاَ تَلْبَسُوا مِنَ الثِّيَابِ شَيْئًا مَسَّهُ الزَّعْفَرَانُ أَوْ وَرْسٌ»
… sesungguhnya seorang laki-laki bertanya: “Wahai Rasulullah, pakaian apakah yang boleh dikenakan untuk ihrom?”.
Rasuullah SAW menjawab: “Tidak boleh memakai baju kurung, juga tidak boleh serban, dan tidak boleh celana, dan tidak boleh baju yang ada tutup kepala, dan tidak boleh memakai muza (kaos kaki dari kulit kecuali bila seseorang tidak mendapatkan sandal maka potonglah dan hendaklah memotong sampai di bawah mata kaki, dan jangan memakai beberapa pakaian yang diberi minyak wangi za’far atau minyak wangi warsun”.

[Hadist Shohih Bukhori No. 1543 Kitabu Haji Babu Maa Laa Yalbasulmuhrimu Minastiyabi]

Praktek Umroh Rasulullah SAW

بَابُ حَجَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
3074 – حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: دَخَلْنَا عَلَى جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، فَلَمَّا انْتَهَيْنَا إِلَيْهِ سَأَلَ عَنِ الْقَوْمِ، حَتَّى انْتَهَى إِلَيَّ، فَقُلْتُ: أَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ، فَأَهْوَى بِيَدِهِ إِلَى رَأْسِي، فَحَلَّ زِرِّي الْأَعْلَى، ثُمَّ حَلَّ زِرِّي الْأَسْفَلَ. ثُمَّ وَضَعَ كَفَّهُ، بَيْنَ ثَدْيَيَّ، وَأَنَا يَوْمَئِذٍ غُلَامٌ شَابٌّ، فَقَالَ: مَرْحَبًا بِكَ، سَلْ عَمَّا شِئْتَ، فَسَأَلْتُهُ، وَهُوَ أَعْمَى، فَجَاءَ وَقْتُ الصَّلَاةِ، فَقَامَ فِي نِسَاجَةٍ مُلْتَحِفًا بِهَا، كُلَّمَا وَضَعَهَا عَلَى مَنْكِبَيْهِ، رَجَعَ طَرَفَاهَا إِلَيْهِ، مِنْ صِغَرِهَا، وَرِدَاؤُهُ إِلَى جَانِبِهِ عَلَى الْمِشْجَبِ، فَصَلَّى بِنَا، فَقُلْتُ: أَخْبِرْنَا عَنْ حَجَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: بِيَدِهِ، فَعَقَدَ تِسْعًا وَقَالَ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَثَ تِسْعَ سِنِينَ لَمْ يَحُجَّ، فَأَذَّنَ فِي النَّاسِ فِي الْعَاشِرَةِ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَاجٌّ، فَقَدِمَ الْمَدِينَةَ بَشَرٌ كَثِيرٌ، كُلُّهُمْ يَلْتَمِسُ أَنْ يَأْتَمَّ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَعْمَلَ بِمِثْلِ عَمَلِهِ، فَخَرَجَ وَخَرَجْنَا مَعَهُ، فَأَتَيْنَا ذَا الْحُلَيْفَةِ، فَوَلَدَتْ أَسْمَاءُ بِنْتُ عُمَيْسٍ مُحَمَّدَ بْنَ أَبِي بَكْرٍ، فَأَرْسَلَتْ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كَيْفَ أَصْنَعُ؟ قَالَ: «اغْتَسِلِي، وَاسْتَثْفِرِي بِثَوْبٍ، وَأَحْرِمِي» فَصَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَسْجِدِ، ثُمَّ رَكِبَ الْقَصْوَاءَ، حَتَّى إِذَا اسْتَوَتْ بِهِ نَاقَتُهُ عَلَى الْبَيْدَاءِ قَالَ جَابِرٌ: نَظَرْتُ إِلَى مَدِّ بَصَرِي مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ، بَيْنَ [ص:1023] رَاكِبٍ وَمَاشٍ، وَعَنْ يَمِينِهِ مِثْلُ ذَلِكَ، وَعَنْ يَسَارِهِ مِثْلُ ذَلِكَ، وَمِنْ خَلْفِهِ مِثْلُ ذَلِكَ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ أَظْهُرِنَا، وَعَلَيْهِ يَنْزِلُ الْقُرْآنُ، وَهُوَ يَعْرِفُ تَأْوِيلَهُ، مَا عَمِلَ بِهِ مِنْ شَيْءٍ عَمِلْنَا بِهِ، فَأَهَلَّ بِالتَّوْحِيدِ «لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ» وَأَهَلَّ النَّاسُ بِهَذَا الَّذِي يُهِلُّونَ بِهِ، فَلَمْ يَرُدَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ شَيْئًا مِنْهُ، وَلَزِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَلْبِيَتَهُ، قَالَ جَابِرٌ: لَسْنَا نَنْوِي إِلَّا الْحَجَّ، لَسْنَا نَعْرِفُ الْعُمْرَةَ، حَتَّى إِذَا أَتَيْنَا الْبَيْتَ مَعَهُ اسْتَلَمَ الرُّكْنَ، فَرَمَلَ ثَلَاثًا، وَمَشَى أَرْبَعًا، ثُمَّ قَامَ إِلَى مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ ” فَقَالَ: {وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى} [البقرة: 125] ” فَجَعَلَ الْمَقَامَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ، فَكَانَ أَبِي يَقُولُ: – وَلَا أَعْلَمُهُ، إِلَّا ذَكَرَهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إِنَّهُ كَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ: قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، ثُمَّ رَجَعَ إِلَى الْبَيْتِ، فَاسْتَلَمَ الرُّكْنَ، ثُمَّ خَرَجَ مِنَ الْبَابِ إِلَى الصَّفَا، حَتَّى إِذَا دَنَا مِنَ الصَّفَا قَرَأَ ” {إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ} [البقرة: 158] نَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللَّهُ بِهِ ” فَبَدَأَ بِالصَّفَا فَرَقِيَ عَلَيْهِ، حَتَّى رَأَى الْبَيْتَ، فَكَبَّرَ اللَّهَ وَهَلَّلَهُ وَحَمِدَهُ، وَقَالَ: «لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ» ثُمَّ دَعَا بَيْنَ ذَلِكَ وَقَالَ مِثْلَ هَذَا ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ نَزَلَ إِلَى الْمَرْوَةِ فَمَشَى، حَتَّى إِذَا انْصَبَّتْ قَدَمَاهُ، رَمَلَ فِي بَطْنِ الْوَادِي، حَتَّى إِذَا صَعِدَتَا – يَعْنِي قَدَمَاهُ – مَشَى، حَتَّى أَتَى الْمَرْوَةَ، فَفَعَلَ عَلَى الْمَرْوَةِ، كَمَا فَعَلَ عَلَى الصَّفَا، فَلَمَّا كَانَ آخِرُ طَوَافِهِ عَلَى الْمَرْوَةِ قَالَ: «لَوْ أَنِّي اسْتَقْبَلْتُ مِنْ أَمْرِي مَا اسْتَدْبَرْتُ، لَمْ أَسُقِ الْهَدْيَ، وَجَعَلْتُهَا عُمْرَةً، فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ لَيْسَ مَعَهُ هَدْيٌ، فَلْيَحْلِلْ، وَلْيَجْعَلْهَا عُمْرَةً» [ص:1024] فَحَلَّ النَّاسُ كُلُّهُمْ، وَقَصَّرُوا، إِلَّا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَنْ كَانَ مَعَهُ الْهَدْيُ، …الحدث
[Hadist Sunan Ibnu Majah No. 3074 Kitabu Manasik Babu Hajjati Rasulullah Salallahu alaihi wasallam]
… saya (Mhammad bin Ali bin Husain) bertanya: Kabarilah kami tentang hajinya Rasulillah SAW. Maka Jabir menjawab dengan tangannya maka menghitung sembilan dan berkata: Sesungguhnya Rasulallohi SAW diam / bertempat selama sembilan tahun tidak haji. Maka mengumumkan kepada manusia dalam tahun ke sepuluh bahwasannya Rasulullah SAW akan berhaji.
Maka banyak manusia datang di Madinah. Masing-masing menghendaki jika mengikuti Rasulillah SAW dan mengamalkan sebagaimana amalan Nabi. Maka Nabi berangkat dan kami berangkat bersama beliau.

Maka kami sampai di Zulhulaifah maka Asma’ bintu ‘Umais melahirkan seorang bayi, Muhammad bin Abu Bakar. Maka Asma’ mengutus kepada Rasulillah SAW: Bagaimana ia harus berbuat; Nabi menjawab: “Mandilah dan memakailah celana dalam dengan pakaian dan pakailah ihrom”.

Maka Rasullulloh SAW sholat di dalam masjid kemudian naik onta Qoswaa’. Sehingga ketika unta Nabi tetap di tanah Baida’ (Jabir berkata) Aku melihat sebatas pandanganku antara depanku antara orang yang berkendara dan orang yang berjalan. Dan dari kanannya Nabi juga seperti itu. Dan dari kirinya juga sama. Dan dari belakangnya Nabi juga demikian.

Dan Rasulullah SAW di antara kumpulan kami dan atas Nabi orang yang dituruni Al-Quran dan beliau yang memahami pengertiannya Quran. Apa-apa yang Nabi mengamalkan dengan Quran dari sesuatu kami mengamalkan dengannya.
Maka Nabi membaca talbiyah dengan meng-Esa-kan Alloh:
«لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ»
Dan para manusia membaca talbiyah seperti yang Beliau baca. Maka Rasululloh tidak melarang mereka sedikitpun dari Nabi. Dan Nabi terus talbiyah.

Jabir berkata: Kami tidak niat kecuali Haji. Kami tidak tahu Umroh itu apa. Sehingga ketika kami datang di Baitullah bersama Nabi, Nabi mengusap pojok Hajar Aswad maka lari-lari kecil tiga kali dan berjalan biasa empat kali kemudian berdiri dekat Makom Ibrohim dan mengucap:
{وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى}

Maka Nabi menjadikan Makom Ibrohim berada di antara dirinya dan Baitulloh.
Ayahku bercerita (Dan saya tidak tahu pada Jabir kecuali menceritakan dari Nabi SAW): Sesungguhnya beliau (Nabi) membaca dalam dua rakaat:
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، dan قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ،
Kemudian Nabi kembali ke Baitulloh dan mengusap Hajar Aswad kemudian keluar pintu menuju Shofa . Seteleh mendekat bukit Shofa membaca:
{إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ}
Maka Nabi memulai dengan bukit Shofa maka beliau naik. Ketika itu beliau menghadap Baitulloh . maka beliau membaca takbir, tahlil dan tahmid dan berdoa:
«لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ»

Kemudian berdoa antara demikian dan berdoa seperti ini tiga kali.
Kemudian turun menuju bukit Marwa dan berjalan sehingga ketika tetap kedua telapak kakinya, lari-lari kecil di tengah-tengah jurang. Sehingga saat itu batas keduanya (yaitu kedua telapak kakinya) berjalan biasa sehingga sampai datang di Marwa.

Maka Nabi berbuat di Marwa sebagaimana berbuat di Shofa. Maka ketika terakhir sa’i-nya di Marwa Nabi bersabda: “Seandainya aku mengharap dari perkaraku apa-apa yang terdahulu maka aku tidak menggiring hadiyah, dan menjadikan amalan ini sebagai umroh”.

“Barangsiapa dari kalian tidak membawa hadiyah jadikanlah amalan ini sebagai umroh. Maka manusia tahalul dan masing-masing menggunting rambutnya”. Kecuali Nabi dan orang-orang yang membawa hadiyah …al-hadist.

About these ads

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s