Mulianya Wanita Sholihah

wanita-sholihaDi dunia ini banyak wanita public figur yang menjadi idola masyarakat. Akan tetapi keteladanan mereka kebanyakan hanya berdasar nilai-nilai intelektual, kepribadian dan penampilan fisik. Islam menjadikan nilai moral religius sebagai landasan kemulyaan seorang wanita.

Wanita paling utama dalam Islam adalah wanita yang sholihah. Wanita sholihah merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya bagi suami dan keluarga.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ: ” يَا مُعَاذُ، قَلْبٌ شَاكِرٌ، وَلِسَانٌ ذَاكِرٌ، وَزَوْجَةٌ صَالِحَةٌ تُعِينُكَ عَلَى أَمْرِ دُنْيَاكَ، وَدِينِكَ خَيْرٌ، مَا اكْتَنَزَ النَّاسُ “

… Rasulullah salallohu alaihi wasallam bersabda kepada Muad bin Jabal:” Wahai Muad, hati yang bersyukur dan lisan yang berzikir dan istri yang sholihah yang dapat membantu atas urusan dunia dan urusan agamamu adalah sebaik-baiknya simpanan manusia.

[Hadist riwayat Baihaki]

Kriteria wanita sholihah menurut Islam adalah:

  1. Menjalankan semua perintah agama dan menjauhi larangannya.
    • Mengerjakan kewajiban agama terutama shalat lima waktu dan puasa Ramadhan dengan tertib dan khusuk.
    • Dapat menjaga kehormatan dengan berpakaian muslimah secara benar, tidak pamer aurat, tidak selingkuh, tidak main api dan tidak berzina.
    قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “إِذَا صَلَّت الْمَرْأَةُ خَمسها، وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَها؛ وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا: ادخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ”.

    …Rasulullah salallohu alaihi wasallam bersabda:”Apabila seorang wanita telah mengerjakan shalat lima waktu dan puasa pada bulan Ramadhan dan menjaga farjinya dan taat kepada suaminya maka dikatakan kepadanya masuklah engkau ke dalam surga dari mana saja pintu yang engkau kehendaki”.
    [Hadist riwayat Ahmad]

    فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

    …wanita yang sholihah adalah wanita yang tunduk dan menjaga dirinya ketika suaminya pergi sesuai dengan peraturan Allah.
    [Surat An-Nisa ayat 34]

  2. Wanita sholihah dengan hati ridho dapat membantu tugas-tugas suaminya.
  3. عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ: ” يَا مُعَاذُ، قَلْبٌ شَاكِرٌ، وَلِسَانٌ ذَاكِرٌ، وَزَوْجَةٌ صَالِحَةٌ تُعِينُكَ عَلَى أَمْرِ دُنْيَاكَ، وَدِينِكَ خَيْرٌ، مَا اكْتَنَزَ النَّاسُ “

    … Rasulullah salallohu alaihi wassalam bersabda kepada Muad bin Jabal:” Wahai Muad, hati yang bersyukur dan lisan yang berzikir dan istri yang sholihah yang dapat membantu atas urusan dunia urusan agamamu adalah sebaik-baiknya simpanan manusia.
    [Hadist Riwayat Baihaki]

  4. Menyenangkan saat dipandang, patuh ketika diperintah suaminya serta tidak menentang.
  5. 3231 – أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ؟ قَالَ: «الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ، وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ، وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ»
    __________
    [حكم الألباني] حسن صحيح

    … manakah perempuan yang paling baik? Nabi menjawab:”Perempuan kalau dipandang suaminya bisa menyenangkan, kalau diperintah bisa taat dan tidak menentang suaminya dalam urusan diri dan hartanya dengan apa-apa yang dibenci oleh suaminya (tidak khianat, tidak menghambur-hamburkan harta)
    [Hadist Sunana Nasa’i No. 3231 Kitabu Nikah Bab Ayyunisa’ Khoir]

  6. Menjaga Martabat suami dan rumah tangganya

Seorang wanita sholihah tidak membicarakan kekurangan / kejelekan suami dan rumah tangganya kepada orang lain, meskipun kepada keluarganya sendiri.

Iklan

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s