Surah Al-Ahqoof (46) ayat 13-16

Dalam Surah Al-Ahqoof (46) ayat 13 dan 14, Allah Ta’ala memberi jaminan kepada orang-orang yang mengakui Allah sebagai Tuhannya dan mau menetapi segala aturan dan hukum-hukumnya bahwa mereka tidak akan merasa kuatir dan tidak akan susah karena mereka dijamin masuk Surga dimana mereka akan hidup kekal selama-lamanya.

Dalam ayat 15, Allah memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya terutama ibunya yang telah mengandung, melahirkannya dan menyusui hingga selama tiga puluh bulan dengan susah payah. Ayat ini menceritakan sahabat Abu Bakar yang pada usia 40 tahun ia berdoa:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Makna Surah Al-Ahqoof ayat 13-16

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (13)
Sesungguhnya orang-orang yang berkata Tuhanku adalah Allah kemudian mau menetapi maka mereka tidak takut dan tidak susah.
أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (14)
Mereka adalah penghuni surga mereka kekal di dalam surga pembalasan sebab apa-apa yang ada mereka mengamalkan.
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ (15)
Dan Aku (Allah) berwasiat (memerintahkan) kepada manusia terhadap kedua orang tuanya agar berbuat baik, ibunya telah mengandungnya dengan berat dan melahirkannya dengan berat, dan ibunya mengandung dan menyapihnya hingga tiga puluh bulan. Sehingga ketika sampai dewasanya sampai usia empat puluh tahun. Manusia itu (Abu Bakar) berdoa,”Ya Tuhanku berilah saya ilham agar selalu bersyukur terhadap nikmat-nikmatMu yang telah Engkau berikan kepada saya dan kepada kedua orang tuaku dan agar saya dapat mengamalkan kebaikan yang engkau ridloi dan bagusilah keturunanku. Sesungguhnya saya bertaubat kepadamu dan sesungguhnya saya tergolong orang Islam”.
أُولَئِكَ الَّذِينَ نَتَقَبَّلُ عَنْهُمْ أَحْسَنَ مَا عَمِلُوا وَنَتَجَاوَزُ عَنْ سَيِّئَاتِهِمْ فِي أَصْحَابِ الْجَنَّةِ وَعْدَ الصِّدْقِ الَّذِي كَانُوا يُوعَدُونَ (16)
Demikian itu orang-orang yang Aku (Allah) terima dari mereka bagusnya apa-apa yang mereka amalkan dan Aku (Allah) akan mengampuni kejelekan-kejelekan mereka dalam penghuni Surga. Janji yang sungguh yang ada dijanjikan.
Iklan

One response to “Surah Al-Ahqoof (46) ayat 13-16

  1. Good….
    diperkuat lagi dalilnya…
    mantav

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s