Sa’i Safa Marwa

Sa’i Safa Marwa adalah berjalan bolak-balik antara bukit Safa dan bukit Marwa sebanyak 7 kali yang mana setiap satu arah dihitung satu kali. Ibadah Sa’i ini mengenang atau napak tilas perjuangan Ibu Hajar, istri Nabi Ibrahim, mencari air untuk menghidupi putranya, Ismail, sebelum akhirnya Allah menganugerahi Ibu Hajar dengan sumur zamzam.

1647 – حَدَّثَنَا المَكِّيُّ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: «قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ فَطَافَ بِالْبَيْتِ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ سَعَى بَيْنَ الصَّفَا وَالمَرْوَةِ» ، ثُمَّ تَلاَ: (لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ إِسْوَةٌ حَسَنَةٌ)

… Amru bin Dinar meriwayatkan: Saya mendengar pada Ibna Umar r.a. berkata: “Nabi SAW datang di Mekah maka beliau tawaf di Baitullah, kemudian shalat dua rakaat kemudian sa’i antara Safa dan Marwah”, kemudian membaca: (لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ إِسْوَةٌ حَسَنَةٌ)

[Hadist Shohih Bukhari No.1647 Kitabul Haji]

Bukit Safa dan Marwa berada tepat di sisi timur Masjidil Haram dan sudah berada di luar area masjid. Tepatnya, bukit Safa berlokasi 130 meter sebelah timur laut Kabah, sedangkan bukit Marwah berjarak kurang lebih 300 meter sebelah timur Ka’bah. Panjang lintasan antara Safa dan Marwah kurang lebih 300 meter.

Wajibnya Sa’i Safa Marwa

Pada masa Rasulullah SAW, Sai Shofa Marwa adalah syariat yang dibenci oleh para sahabat mengingat amalan ini merupakan tanda-tanda jahiliyah. Sa’i antara bukit Safa dan Marwah juga pernah dilakukan oleh kaum kafir untuk menyembah berhala mereka.

Dalam Hadist Sunan Ibnu Majah No. 2986 Kitabu Manasik dan permulaan Hadist Shohih Bukhari No. 1643 Kitabul Haji, Sahabat Urwah yang tidak lain keponakan dari Aisyah r.a. meragukan kandungan Firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 158:

{إِنَّ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ البَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا}

Urwah memaknai kandungan ayat tersebut sebagai: “Tidak berdosa bila TIDAK mengerjakan sai Safa Marwa”. Namun Aisyah membantah pemahaman Urwah tersebut sebagai sejelek-jeleknya ucapan.

Pada masa jahiliyah sebelum Islam para sahabat memang melaksanakan sa’i Safa Marwah untuk menyembah berhala, sehingga pada masa Islam mereka merasa berdosa tatkala mengamalkan serupa. Kemudian ketika masalah tersebut ditanyakan pada Rasulullah beliau langsung dituruni ayat:
إِنَّ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ …الآيَةَ

Dengan turunnya Firman Allah surah Al-Baqarah ayat 158 itu maka Nabi menetapkan Sa’i antara bukit Safa dan Marwa sebagai salah satu syariat Islam dan tidak ada alasan bagi siapapun untuk meninggalkan amalan itu. Sai Safa Marwah merupakan bagian dari rukun Haji dan Umrah.

1648 – حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ، أَخْبَرَنَا عَاصِمٌ قَالَ: قُلْتُ لِأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَكُنْتُمْ تَكْرَهُونَ السَّعْيَ بَيْنَ الصَّفَا وَالمَرْوَةِ قَالَ: «نَعَمْ لِأَنَّهَا كَانَتْ مِنْ شَعَائِرِ الجَاهِلِيَّةِ حَتَّى أَنْزَلَ اللَّهُ» : {إِنَّ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ البَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا} [البقرة: 158]

… ‘Asim meriwayatkan: Saya berkata kepada Anas bin Malik r.a. : “Adakah kalian benci dengan amalan sa’i antara bukit Safa dan bukit Marwa?” Anas bin Malik menjawab: “Ya, sebab Sai Safa Marwah bagian dari tanda-tanda jahiliyah sehingga Allah menurunkan ayat: }… sesungguhnya bukit Safa dan bukit Marwa dari tanda-tanda Allah barangsiapa haji di Baitullah atau umrah maka tidak dosa baginya apabila tawaf / sai antara keduanya{ [Surah Al-Baqarah ayat 158]

[Hadist Shohih Bukhari No. 1648 Kitabul Haji]


بَابُ السَّعْيِ بَيْنَ الصَّفَا، وَالْمَرْوَةِ
2986 – حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ قَالَ: أَخْبَرَنِي أَبِي قَالَ: قُلْتُ لِعَائِشَةَ: مَا أَرَى عَلَيَّ جُنَاحًا، أَنْ لَا أَطَّوَّفَ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ، قَالَتْ: ” إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ: {إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ، فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ، أَوِ اعْتَمَرَ، فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا} [البقرة: 158] وَلَوْ كَانَ كَمَا تَقُولُ: لَكَانَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ، لَا يَطَّوَّفَ بِهِمَا، إِنَّمَا أُنْزِلَ هَذَا فِي نَاسٍ مِنَ الْأَنْصَارِ، كَانُوا إِذَا أَهَلُّوا، أَهَلُّوا لِمَنَاةَ، فَلَا يَحِلُّ لَهُمْ أَنْ يَطَّوَّفُوا بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ، فَلَمَّا قَدِمُوا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْحَجِّ، ذَكَرُوا ذَلِكَ لَهُ، فَأَنْزَلَهَا اللَّهُ، فَلَعَمْرِي مَا أَتَمَّ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ، حَجَّ، مَنْ لَمْ يَطُفْ بَيْنَ الصَّفَا، وَالْمَرْوَةِ”
__________
[حكم الألباني] صحيح

… Hasyim ibnu ‘Urwah meriwayatkan: Ayahku bercerita: “Saya bertanya pada Aisyah: “Apakah dosa atas aku, jika tidak tawaf (Sa’i) antara bukit Shafa dan Marwa, Aisyah menjawab: ”Sesungguhnya Allah berfirman {Sesungguhnya bukit Shafa dan bukit Marwa termasuk tanda-tanda kebesaran Allah, barang siapa haji di Baitullah, atau umroh, maka tidak dosa baginya jika tawaf antara keduanya} [surah Al-Baqarah ayat 158].

Dan meskipun seperti engkau katakan, niscaya ada (maka tidak dosa jika TIDAK tawaf /sa’i antara kedua bukit itu) sesungguhnya ayat ini turun dalam manusia dari golongan Ansor, dan mereka ketika ihram, mereka ihram untuk berhala mereka, maka tidak halal bagi mereka (Ansor) jika tawaf (sai) antara Safa dan Marwah.

Maka ketika datang bersama Nabi dalam haji, Aisyah menceritakan masalah tersebut pada beliau (Nabi), maka Allah menurunkan ayat tersebut. Demi umurku!, Allah azza wajalla tidak menyempurnakan hajinya orang yang tidak tawaf (sai) antara bukit Safa dan Bukit Marwah.

[Hadist Sunan Ibnu Majah No. 2986 Kitabu Manasik]


2987 – حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَعَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ، عَنْ بُدَيْلِ بْنِ مَيْسَرَةَ، عَنْ صَفِيَّةَ بِنْتِ شَيْبَةَ، عَنْ أُمِّ وَلَدٍ لِشَيْبَةَ، قَالَتْ: رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْعَى بَيْنَ الصَّفَا، وَالْمَرْوَةِ وَهُوَ يَقُولُ: «لَا يُقْطَعُ الْأَبْطَحُ، إِلَّا شَدًّا»
__________
[حكم الألباني] صحيح

… Umi Walad meriwayatkan: Saya melihat Rasulullah SAW sa’i antara Safa dan Marwa, dan beliau bersabda: “Jurang ini tidak boleh dilewati kecuali dengan cepat”.

[Hadist Sunan Ibnu Majah No. 2987 Kitabu Manasik]


1643 – حَدَّثَنَا أَبُو اليَمَانِ [ص:158]، أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ عُرْوَةُ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا فَقُلْتُ لَهَا: أَرَأَيْتِ قَوْلَ اللَّهِ تَعَالَى: {إِنَّ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ البَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا} [البقرة: 158] ، فَوَاللَّهِ مَا عَلَى أَحَدٍ جُنَاحٌ أَنْ لاَ يَطُوفَ بِالصَّفَا وَالمَرْوَةِ، قَالَتْ: بِئْسَ مَا قُلْتَ يَا ابْنَ أُخْتِي، إِنَّ هَذِهِ لَوْ كَانَتْ كَمَا أَوَّلْتَهَا عَلَيْهِ، كَانَتْ: لاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ لاَ يَتَطَوَّفَ بِهِمَا، وَلَكِنَّهَا أُنْزِلَتْ فِي الأَنْصَارِ، كَانُوا قَبْلَ أَنْ يُسْلِمُوا يُهِلُّونَ لِمَنَاةَ الطَّاغِيَةِ، الَّتِي كَانُوا يَعْبُدُونَهَا عِنْدَ المُشَلَّلِ، فَكَانَ مَنْ أَهَلَّ يَتَحَرَّجُ أَنْ يَطُوفَ بِالصَّفَا وَالمَرْوَةِ، فَلَمَّا أَسْلَمُوا، سَأَلُوا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّا كُنَّا نَتَحَرَّجُ أَنْ نَطُوفَ بَيْنَ الصَّفَا وَالمَرْوَةِ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى: {إِنَّ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ} [البقرة: 158] . الآيَةَ قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: «وَقَدْ سَنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّوَافَ بَيْنَهُمَا، فَلَيْسَ لِأَحَدٍ أَنْ يَتْرُكَ الطَّوَافَ بَيْنَهُمَا» ، ثُمَّ أَخْبَرْتُ أَبَا بَكْرِ بْنَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ فَقَالَ: إِنَّ هَذَا لَعِلْمٌ مَا كُنْتُ سَمِعْتُهُ، وَلَقَدْ سَمِعْتُ رِجَالًا مِنْ أَهْلِ العِلْمِ يَذْكُرُونَ: أَنَّ النَّاسَ، – إِلَّا مَنْ ذَكَرَتْ عَائِشَةُ – مِمَّنْ كَانَ يُهِلُّ بِمَنَاةَ، كَانُوا يَطُوفُونَ كُلُّهُمْ بِالصَّفَا وَالمَرْوَةِ، فَلَمَّا ذَكَرَ اللَّهُ تَعَالَى الطَّوَافَ بِالْبَيْتِ، وَلَمْ يَذْكُرِ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ فِي القُرْآنِ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، كُنَّا نَطُوفُ بِالصَّفَا وَالمَرْوَةِ وَإِنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ الطَّوَافَ بِالْبَيْتِ فَلَمْ يَذْكُرِ الصَّفَا، فَهَلْ عَلَيْنَا مِنْ حَرَجٍ أَنْ نَطَّوَّفَ بِالصَّفَا وَالمَرْوَةِ؟ فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى: {إِنَّ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ} [البقرة: 158] الآيَةَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «فَأَسْمَعُ هَذِهِ الآيَةَ نَزَلَتْ فِي الفَرِيقَيْنِ كِلَيْهِمَا، فِي الَّذِينَ كَانُوا يَتَحَرَّجُونَ أَنْ يَطُوفُوا بِالْجَاهِلِيَّةِ بِالصَّفَا وَالمَرْوَةِ، وَالَّذِينَ يَطُوفُونَ ثُمَّ تَحَرَّجُوا أَنْ يَطُوفُوا بِهِمَا فِي الإِسْلاَمِ، مِنْ أَجْلِ أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى أَمَرَ بِالطَّوَافِ بِالْبَيْتِ، وَلَمْ يَذْكُرِ الصَّفَا، حَتَّى ذَكَرَ ذَلِكَ، بَعْدَ مَا ذَكَرَ الطَّوَافَ بِالْبَيْتِ»
__________
[تعليق مصطفى البغا]
… Urwah meriwayatkan: Aku bertanya pada Aisyah r.a., maka aku berkata padanya: “Bagaimanakah pendapatmu tentang Firman Allah Ta’ala:
{إِنَّ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ البَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا} [البقرة: 158]

Maka demi Allah TIDAK dosa atas seseorang jika tidak tawaf / sai di Safa dan Marwa”.

Aisyah menjawab: “Sejelek-jeleknya ucapan wahai keponakanku”. Sesungguhnya seandainya seperti yang engkau mengartikan ayat itu, ada: Tidak dosa atas orang jika tidak tawaf antara keduanya, akan tetapi ayat itu turun dalam kaum Ansor, ada sebelum Islam, mereka ihram untuk berhala mereka, yang mereka menyembahnya di dekat bekas banjir, maka orang yang ihram merasa berdosa bila tawaf antara Safa dan Marwah.

Maka ketika masa Islam, mereka bertanya pada Rasulallohi SAW tentang masalah tersebut, Dikatakan: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami merasa bersalah jika tawaf antara Safa dan Marwa”.

Maka Allah Ta’ala menurunkan ayat: {إِنَّ الصَّفَا وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ} [البقرة: 158] . الآيَةَ

Maka Aisyah r.a. berkata; “Sungguh-sungguh Rasulullah SAW teleh mewajibkan amalan Sai antara Safa Marwa. Maka tidak ada alasan bagi seseorang untuk meninggalkan tawaf / sai antara keduanya (Safa dan Marwah). … al-hadist

[Hadist Shohih Bukhari No. 1643 Kitabu Haji ]


1645 – حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، قَالَ: سَأَلْنَا ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: عَنْ رَجُلٍ طَافَ بِالْبَيْتِ فِي عُمْرَةٍ، وَلَمْ يَطُفْ بَيْنَ الصَّفَا وَالمَرْوَةِ أَيَأْتِي امْرَأَتَهُ؟ فَقَالَ: «قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَطَافَ بِالْبَيْتِ سَبْعًا، وَصَلَّى خَلْفَ المَقَامِ رَكْعَتَيْنِ، فَطَافَ بَيْنَ الصَّفَا وَالمَرْوَةِ سَبْعًا» : {لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ} [الأحزاب: 21] ،
1646 – وَسَأَلْنَا جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَالَ: «لاَ يَقْرَبَنَّهَا حَتَّى يَطُوفَ بَيْنَ الصَّفَا وَالمَرْوَةِ»
__________
[رقم الحديث في طبعة البغا]
1563 (2/593)
… Umar bin Dinar meriwayatkan: Saya bertanya pada Ibna Umar r.a. tentang seorang laki-laki yang tawaf di Baitullah dalam umrah dan tidak tawaf / sai antara Safa dan Marwah, bolehkah ia menjima’ istrinya? Ibna Umar r.a. menjawab: “Nabi SAW datang maka tawaf di Baitullah tujuh kali, dan shalat di belakang Makom Ibrahim dua rakaat, maka tawaf / sai antara bukit Safa dan Marwah tujuh kali”. {Sungguh ada bagi kalian dalam diri Rasulillah contoh tauladan yang baik} [Surah al-Ahzab ayat 21]

… Jabir mengatakan: “Janganlah mendekati istri sebelum tawaf / sai antara bukit Safa dan bukit Marwa”.

[Hadist Shohih Bukhari 1645-1646 Babu Maa Jaa fii Sai Shofa wal Marwa]


Tata-cara Sa’i Safa Marwa

Sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW praktek ibadah Sa’i adalah sebagai berikut:

  1. Sa’i Safa Marwa dilaksanakan sesudah selesai shalat dua rakaat di belakang Makom Ibrohim sehabis Tawaf di Baitullah. Sebelum menuju bukit Sofa disunahkan mengecup atau mengusap atau isaroh pada Hajar Aswad dan ketika akan naik bukit Sofa membaca doa:
    {بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ,أَعُوْذُبِالله منَ الِشَّيْطَانِالرَّجِيْمِ ,إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ} [البقرة: 158]
  2. Setelah sampai di bukit Shofa berdiri menghadap Kabah dan berdoa:
    اللَّهِ أَكْبَرُ, اللَّهِ أَكْبَرُ, اللَّهِ أَكْبَرُ,لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ

    Diucapkan sebanyak 3 kali dan ditambah doa-doa lain bebas.

  3. Kemudian turun dari bukit Shofa menuju Bukit Marwa. Ketika sampai di tempat bekas banjir yang sekarang ditandai dengan lampu hijau sampai lampu hijau berikutnya, lari kecil (ngincik = Jawa) sambil berdoa:
    رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ
    870 – حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا حَجَّاجُ بْنُ الْمِنْهَالِ، ثنا فُضَيْلُ بْنُ عِيَاضٍ، عَنْ مَنْصُورِ بْنِ الْمُعْتَمِرِ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ مَسْرُوقٍ، أَنَّ ابْنَ مَسْعُودٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ نَزَلَ مِنَ الصَّفَا فَمَشَى حَتَّى أَتَى الْوَادِيَ فَسَعَى فَجَعَلَ يَقُولُ: «رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ»

    [Hadist riwayat Thobroni]

  4. Di bukit Marwa mengerjakan seperti di Bukit Shofa.
    Perjalanan dari bukit Shofa sampai bukit Marwa dihitung 1 kali Sai, demikian pula dari bukit Marwa ke bukit Shofa juga dihitung 1 kali, begitu seterusnya sampai 7 kali. Berarti hitungan terakhir (ke tujuh) berakhir di bukit Marwa.
  5. Cukur rambut kepala sampai gundul atau menggunting rambut kepala kemudian lukar (melepas baju ihrom)
Iklan

2 responses to “Sa’i Safa Marwa

  1. Ping-balik: Umroh | Pengajian LDII

  2. Ping-balik: ARTI UMROH | Umroh Murah Bekasi | Umroh Murah 2014 | Paket Umroh Murah | Biro Umroh Murah

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s