Hajinya Nabi Rasulillah Shalallohu Alaihi Wasallam

(LDII) Hajinya - Nabi Ibadah haji adalah salah satu Rukun Islam. Setiap Muslim yang mampu wajib melaksanakan haji ke Baitullah sekali dalam seumur hidup. Sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Quran Surah Ali Imron ayat 97.

Namun demikian umat Islam mesti mengkaji secara sungguh-sungguh tata-cara haji agar amalannya di tanah suci sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

9524 – وَأَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدَانَ ,…وَقَالَ: ” خُذُوا عَنِّي مَنَاسِكَكُمْ لَعَلِّي لَا أَرَاكُمْ بَعْدَ عَامِي هَذَا “

… Nabi bersabda: “Ambillah dariku (Nabi) tata-cara ibadah haji kalian, barangkali saya tidak melihat kalian setelah tahun ini”.

[Hadist Riwayat Baihaqi dari Jabir No.9524]


Hadist di atas mengisyaratkan agar umat Islam mencontoh dan mengikuti tata-cara ibadah haji yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Bagaimanakah contoh praktek haji dan umrahnya Rasulullah salallohu ‘alaihi wasallam?

Praktek Umrah dan Haji Nabi SAW dapat di kaji dalam Hadist Sunan Ibnu Majah No. 3074 atau Hadist Shohih Muslim No. 147 (1218). Beberapa catatan tentang kandungan hadist tersebut antara lain:

  1. Praktek umroh dan haji Nabi dalam Hadist Ibnu Majah No. 3074 atau Hadist Shohih Muslim No. 147 (1218) tersebut dilaksanakan pada tahun 10 Hijriyah. Dan itu menjadi haji Nabi pertama sekaligus terakhir. Jadi Rasulullah SAW selama hidup berhaji hanya satu kali. Karena itu haji Nabi disebut dengan Haji Wada’ (haji pamitan)
  2. Haji Nabi itu dilaksanakan bersama-sama dengan para sahabat dan umat Islam secara beramai-ramai, berangkat dari kota Madinah dan mengambil Mikot di Dhul-Hulayfah. Dalam Hadist Ibnu Majah No. 2970 dan 2971 Babul Faskhil Hajji dikisahkan bahwa Rasulillah bersama rombongan berangkat dari Madinah pada tanggal 25 Dhil-Qo’dah dan melaksanakan umroh di Baitullah tanggal 4 Dhul-Hijjah.
    2980 – حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدِّمَشْقِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ قَالَ: حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: أَهْلَلْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْحَجِّ خَالِصًا، لَا نَخْلِطُهُ بِعُمْرَةٍ، فَقَدِمْنَا مَكَّةَ، لِأَرْبَعِ لَيَالٍ خَلَوْنَ مِنْ ذِي الْحِجَّةِ، فَلَمَّا طُفْنَا بِالْبَيْتِ، وَسَعَيْنَا بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ، «أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَجْعَلَهَا عُمْرَةً، وَأَنْ نَحِلَّ إِلَى النِّسَاءِ» فَقُلْنَا مَا بَيْنَنَا: لَيْسَ بَيْنَنَا وَبَيْنَ عَرَفَةَ، إِلَّا خَمْسٌ، فَنَخْرُجُ إِلَيْهَا، وَمَذَاكِيرُنَا تَقْطُرُ مَنِيًّا؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنِّي لَأَبَرُّكُمْ وَأَصْدَقُكُمْ، وَلَوْلَا الْهَدْيُ، لَأَحْلَلْتُ» فَقَالَ سُرَاقَةُ بْنُ مَالِكٍ: أَمُتْعَتُنَا هَذِهِ، لِعَامِنَا هَذَا، أَمْ لِأَبَدٍ؟ فَقَالَ: «لَا، بَلْ لِأَبَدِ الْأَبَدِ»
    __________
    [حكم الألباني] صحيح

    … Jabir bin Abdillah meriwayatkan: “Kami ihram bersama Rasulillah SAW khusus untuk haji, kami tidak mencampur dengan umroh.Maka kami datang di Mekah pada tanggal empat malam yang lewat dari bulan Dhil-Hijjah.

    Ketika kami tawaf di Baitullah, dan Sai antara bukit Shafa dan Marwa, Rasulullah SAW memerintah pada kami agar menjadikannya (Tawaf dan Sai) sebagai UMRAH, dan agar kami lukar untuk beberapa istri kami (boleh menjimak istri).

    Maka kami bertanya apa-apa diantara kami: “Tidak ada antara kami dan antara Arofah kecuali lima hari. Maka kami keluar pada istri-istri dan kemaluan kami menetes mani?”

    Maka Rasulullah SAW menjawab: “Sesungguhnya saya (Nabi) niscaya membagusi kalian dan membenarkan kalian. Seandainya saya tidak membawa hadiyah niscaya saya juga lukar”.

    Maka Suroqoh bin Malik bertanya: “Apakah Haji Tamatu’ saat ini saja atau untuk selamanya?”

    Nabi Menjawab: “Tidak. Bahkan untuk selama-lamanya”.
    [Hadist Sunan Ibnu Majah No. 2970 Babul Faskhil Hajji Kitabul Manasik]
     

    2981 – حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ عَمْرَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِخَمْسٍ بَقِينَ مِنْ ذِي الْقَعْدَةِ، لَا نُرَى إِلَّا الْحَجَّ، حَتَّى إِذَا قَدِمْنَا وَدَنَوْنَا «أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَمْ يَكُنْ مَعَهُ هَدْيٌ أَنْ يَحِلَّ» فَحَلَّ النَّاسُ كُلُّهُمْ، إِلَّا مَنْ كَانَ مَعَهُ هَدْيٌ، فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ النَّحْرِ، «دُخِلَ عَلَيْنَا بِلَحْمِ بَقَرٍ، فَقِيلَ ذَبَحَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أَزْوَاجِهِ»
    __________
    [حكم الألباني] صحيح

    … ‘Aisyah meriwayatkan: “Kami keluar bersama Rasulillah SAW pada lima hari terakhir dalam Dhil-Qo’dah tidak tahu kecuali HAJI.

    Sehingga ketika kami sampai dan dekat, Rasulullah SAW memerintahkan pada orang yang tidak membawa hadiyah agar tahalul (lukar).

    Maka semua manusia tahalul kecuali orang yang ada bersamanya hadiyah.

    Maka ketika pada hari Nahr (menyembelih), daging onta dimasukkan pada kami. Dikatakan: Rasulullah SAW menyembelih untuk istri-istrinya.
    [Hadist Sunan Ibnu Majah No. 2971 Babul Faskhil Hajji Kitabul Manasik]

  3. Semula sahabat dan umat Islam yang mengikuti Nabi niatnya adalah semata-mata Haji. Mereka belum tahu Umroh itu apa. Namun setelah selesai Tawaf dan Sai antara bukit Shafa dan Marwa, Nabi memerintahkan Umat Islam yang tidak membawa hadiyah onta saat itu untuk lukar dan Tawaf dan Sai yang baru dilakukan dijadikan UMROH. Dalam hal ini, merubah niat dari niat haji menjadi niat umroh adalah boleh. Umat Islam yang lukar setelah umroh berarti hajinya kategori Haji Tamatu’.
  4. Nabi bersama beberapa umat Islam (kurang lebih seratus orang) menyambung langsung umroh dengan hajinya dan masing-masing membawa hadiah satu ekor unta (Haji Qiron). Setelah selesai umroh Nabi tidak lukar (tidak melepas baju ihrom) dan memakainya sampai saat haji tiba dan lukar setelah proses haji selesai (setelah selesai melempar Jumroh aqobah).
  5. Beberapa peristiwa menarik selama proses haji Nabi yang kemudian menjadi contoh bagi umat Islam kemudian hari antara lain:
    • Aisyah r.a. sejak mulai datang di Mekah hingga pelaksanaan haji tiba sedang haid sehingga umrahnya (Tawaf di Baitullah dan Sa’I Safa Marwa) ia laksanakan setelah selesai proses haji . Haji model Aisyah ini disebut haji Ifrad yaitu memisahkan haji dengan umrah. Umrah hajinya dilaksanakan di luar bulan haji. Bulan haji adalah mulai 1 Syawal – 10 Dhul-Hijjah. Jamaah yang melaksanakan Haji Ifrad tidak dikenakan denda atau hadiah apapun juga tidak puasa.
    • Begitu juga Asma’ bintu ‘Umais, istri Abu Bakar melahirkan seorang bayi, Muhammad bin Abu Bakar, di Miqat Dhul-Hulayfah. Sehingga Asma’ bintu ‘Umais tidak dapat melaksanakan umrah sebelum haji namun masih bisa melaksanakan rukun haji yang lain. Jadi secara syariat, seorang wanita yang mengandung bayi tua bahkan melahirkan tidak dihalangi / tidak dilarang untuk melaksanakan ibadah haji namun kondisi saat ini tidak memungkinkan bagi ibu-ibu yang hamil tua untuk menunaikan ibadah haji.
بَابُ حَجَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
3074 – حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: دَخَلْنَا عَلَى جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، فَلَمَّا انْتَهَيْنَا إِلَيْهِ سَأَلَ عَنِ الْقَوْمِ، حَتَّى انْتَهَى إِلَيَّ، فَقُلْتُ: أَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ، فَأَهْوَى بِيَدِهِ إِلَى رَأْسِي، فَحَلَّ زِرِّي الْأَعْلَى، ثُمَّ حَلَّ زِرِّي الْأَسْفَلَ. ثُمَّ وَضَعَ كَفَّهُ، بَيْنَ ثَدْيَيَّ، وَأَنَا يَوْمَئِذٍ غُلَامٌ شَابٌّ، فَقَالَ: مَرْحَبًا بِكَ، سَلْ عَمَّا شِئْتَ، فَسَأَلْتُهُ، وَهُوَ أَعْمَى، فَجَاءَ وَقْتُ الصَّلَاةِ، فَقَامَ فِي نِسَاجَةٍ مُلْتَحِفًا بِهَا، كُلَّمَا وَضَعَهَا عَلَى مَنْكِبَيْهِ، رَجَعَ طَرَفَاهَا إِلَيْهِ، مِنْ صِغَرِهَا، وَرِدَاؤُهُ إِلَى جَانِبِهِ عَلَى الْمِشْجَبِ، فَصَلَّى بِنَا، فَقُلْتُ: أَخْبِرْنَا عَنْ حَجَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: بِيَدِهِ، فَعَقَدَ تِسْعًا وَقَالَ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَثَ تِسْعَ سِنِينَ لَمْ يَحُجَّ، فَأَذَّنَ فِي النَّاسِ فِي الْعَاشِرَةِ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَاجٌّ، فَقَدِمَ الْمَدِينَةَ بَشَرٌ كَثِيرٌ، كُلُّهُمْ يَلْتَمِسُ أَنْ يَأْتَمَّ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَعْمَلَ بِمِثْلِ عَمَلِهِ، فَخَرَجَ وَخَرَجْنَا مَعَهُ، فَأَتَيْنَا ذَا الْحُلَيْفَةِ، فَوَلَدَتْ أَسْمَاءُ بِنْتُ عُمَيْسٍ مُحَمَّدَ بْنَ أَبِي بَكْرٍ، فَأَرْسَلَتْ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كَيْفَ أَصْنَعُ؟ قَالَ: «اغْتَسِلِي، وَاسْتَثْفِرِي بِثَوْبٍ، وَأَحْرِمِي» فَصَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَسْجِدِ، ثُمَّ رَكِبَ الْقَصْوَاءَ، حَتَّى إِذَا اسْتَوَتْ بِهِ نَاقَتُهُ عَلَى الْبَيْدَاءِ قَالَ جَابِرٌ: نَظَرْتُ إِلَى مَدِّ بَصَرِي مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ، بَيْنَ [ص:1023] رَاكِبٍ وَمَاشٍ، وَعَنْ يَمِينِهِ مِثْلُ ذَلِكَ، وَعَنْ يَسَارِهِ مِثْلُ ذَلِكَ، وَمِنْ خَلْفِهِ مِثْلُ ذَلِكَ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ أَظْهُرِنَا، وَعَلَيْهِ يَنْزِلُ الْقُرْآنُ، وَهُوَ يَعْرِفُ تَأْوِيلَهُ، مَا عَمِلَ بِهِ مِنْ شَيْءٍ عَمِلْنَا بِهِ، فَأَهَلَّ بِالتَّوْحِيدِ «لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ» وَأَهَلَّ النَّاسُ بِهَذَا الَّذِي يُهِلُّونَ بِهِ، فَلَمْ يَرُدَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ شَيْئًا مِنْهُ، وَلَزِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَلْبِيَتَهُ، قَالَ جَابِرٌ: لَسْنَا نَنْوِي إِلَّا الْحَجَّ، لَسْنَا نَعْرِفُ الْعُمْرَةَ، حَتَّى إِذَا أَتَيْنَا الْبَيْتَ مَعَهُ اسْتَلَمَ الرُّكْنَ، فَرَمَلَ ثَلَاثًا، وَمَشَى أَرْبَعًا، ثُمَّ قَامَ إِلَى مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ ” فَقَالَ: {وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى} [البقرة: 125] ” فَجَعَلَ الْمَقَامَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ، فَكَانَ أَبِي يَقُولُ: – وَلَا أَعْلَمُهُ، إِلَّا ذَكَرَهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إِنَّهُ كَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ: قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، ثُمَّ رَجَعَ إِلَى الْبَيْتِ، فَاسْتَلَمَ الرُّكْنَ، ثُمَّ خَرَجَ مِنَ الْبَابِ إِلَى الصَّفَا، حَتَّى إِذَا دَنَا مِنَ الصَّفَا قَرَأَ ” {إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ} [البقرة: 158] نَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللَّهُ بِهِ ” فَبَدَأَ بِالصَّفَا فَرَقِيَ عَلَيْهِ، حَتَّى رَأَى الْبَيْتَ، فَكَبَّرَ اللَّهَ وَهَلَّلَهُ وَحَمِدَهُ، وَقَالَ: «لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ» ثُمَّ دَعَا بَيْنَ ذَلِكَ وَقَالَ مِثْلَ هَذَا ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ نَزَلَ إِلَى الْمَرْوَةِ فَمَشَى، حَتَّى إِذَا انْصَبَّتْ قَدَمَاهُ، رَمَلَ فِي بَطْنِ الْوَادِي، حَتَّى إِذَا صَعِدَتَا – يَعْنِي قَدَمَاهُ – مَشَى، حَتَّى أَتَى الْمَرْوَةَ، فَفَعَلَ عَلَى الْمَرْوَةِ، كَمَا فَعَلَ عَلَى الصَّفَا، فَلَمَّا كَانَ آخِرُ طَوَافِهِ عَلَى الْمَرْوَةِ قَالَ: «لَوْ أَنِّي اسْتَقْبَلْتُ مِنْ أَمْرِي مَا اسْتَدْبَرْتُ، لَمْ أَسُقِ الْهَدْيَ، وَجَعَلْتُهَا عُمْرَةً، فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ لَيْسَ مَعَهُ هَدْيٌ، فَلْيَحْلِلْ، وَلْيَجْعَلْهَا عُمْرَةً» [ص:1024] فَحَلَّ النَّاسُ كُلُّهُمْ، وَقَصَّرُوا، إِلَّا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَنْ كَانَ مَعَهُ الْهَدْيُ، فَقَامَ سُرَاقَةُ بْنُ مَالِكِ بْنِ جُعْشُمٍ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلِعَامِنَا هَذَا أَمْ لِأَبَدٍ؟ قَالَ: فَشَبَّكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَصَابِعَهُ فِي الْأُخْرَى، وَقَالَ: دَخَلَتِ الْعُمْرَةُ فِي الْحَجِّ هَكَذَا، مَرَّتَيْنِ «لَا، بَلْ لِأَبَدِ أَبَدٍ» قَالَ: وَقَدِمَ عَلِيٌّ بِبُدْنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَوَجَدَ فَاطِمَةَ مِمَّنْ حَلَّ، وَلَبِسَتْ ثِيَابًا صَبِيغًا، وَاكْتَحَلَتْ، فَأَنْكَرَ ذَلِكَ عَلَيْهَا عَلِيٌّ، فَقَالَتْ: أَمَرَنِي أَبِي بِهَذَا، فَكَانَ عَلِيٌّ يَقُولُ بِالْعِرَاقِ: فَذَهَبْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُحَرِّشًا عَلَى فَاطِمَةَ فِي الَّذِي صَنَعَتْهُ، مُسْتَفْتِيًا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الَّذِي ذَكَرَتْ عَنْهُ، وَأَنْكَرْتُ ذَلِكَ عَلَيْهَا، فَقَالَ: «صَدَقَتْ، صَدَقَتْ، مَاذَا قُلْتَ حِينَ فَرَضْتَ الْحَجَّ؟» قَالَ: قُلْتُ: ” اللَّهُمَّ إِنِّي أُهِلُّ بِمَا أَهَلَّ بِهِ رَسُولُكَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: فَإِنَّ مَعِي الْهَدْيَ فَلَا تَحِلَّ ” قَالَ: فَكَانَ جَمَاعَةُ الْهَدْيِ الَّذِي جَاءَ بِهِ عَلِيٌّ مِنَ الْيَمَنِ، وَالَّذِي أَتَى بِهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْمَدِينَةِ مِائَةً، ثُمَّ حَلَّ النَّاسُ كُلُّهُمْ، وَقَصَّرُوا، إِلَّا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَنْ كَانَ مَعَهُ هَدْيٌ، فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ التَّرْوِيَةِ، وَتَوَجَّهُوا إِلَى مِنًى، أَهَلُّوا بِالْحَجِّ، فَرَكِبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَصَلَّى بِمِنًى الظُّهْرَ، وَالْعَصْرَ، وَالْمَغْرِبَ، وَالْعِشَاءَ، وَالصُّبْحَ، ثُمَّ مَكَثَ قَلِيلًا حَتَّى طَلَعَتِ الشَّمْسُ، وَأَمَرَ بِقُبَّةٍ مِنْ شَعَرٍ، فَضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ، فَسَارَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَشُكُّ قُرَيْشٌ، إِلَّا أَنَّهُ وَاقِفٌ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ، أَوِ الْمُزْدَلِفَةِ، كَمَا كَانَتْ قُرَيْشٌ تَصْنَعُ فِي الْجَاهِلِيَّةِ، فَأَجَازَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ، فَوَجَدَ الْقُبَّةَ، قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ، فَنَزَلَ بِهَا، حَتَّى إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ، أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ، فَرُحِلَتْ لَهُ، فَرَكِبَ، حَتَّى أَتَى بَطْنَ الْوَادِي، فَخَطَبَ النَّاسَ فَقَالَ: «إِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ عَلَيْكُمْ حَرَامٌ، [ص:1025] كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا، فِي شَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هَذَا، أَلَا وَإِنَّ كُلَّ شَيْءٍ مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ، مَوْضُوعٌ تَحْتَ قَدَمَيَّ هَاتَيْنِ، وَدِمَاءُ الْجَاهِلِيَّةِ مَوْضُوعَةٌ، وَأَوَّلُ دَمٍ أَضَعُهُ دَمُ رَبِيعَةَ بْنِ الْحَارِثِ – كَانَ مُسْتَرْضِعًا فِي بَنِي سَعْدٍ، فَقَتَلَتْهُ هُذَيْلٌ – وَرِبَا الْجَاهِلِيَّةِ مَوْضُوعٌ، وَأَوَّلُ رِبًا أَضَعُهُ رِبَانَا، رِبَا الْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ، فَإِنَّهُ مَوْضُوعٌ كُلُّهُ، فَاتَّقُوا اللَّهَ فِي النِّسَاءِ، فَإِنَّكُمْ أَخَذْتُمُوهُنَّ، بِأَمَانَةِ اللَّهِ، وَاسْتَحْلَلْتُمْ فُرُوجَهُنَّ بِكَلِمَةِ اللَّهِ، وَإِنَّ لَكُمْ عَلَيْهِنَّ أَنْ لَا يُوطِئْنَ فُرُشَكُمْ أَحَدًا تَكْرَهُونَهُ، فَإِنْ فَعَلْنَ ذَلِكَ فَاضْرِبُوهُنَّ ضَرْبًا غَيْرَ مُبَرِّحٍ، وَلَهُنَّ عَلَيْكُمْ رِزْقُهُنَّ، وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ، وَقَدْ تَرَكْتُ فِيكُمْ مَا لَمْ تَضِلُّوا إِنِ اعْتَصَمْتُمْ بِهِ، كِتَابَ اللَّهِ، وَأَنْتُمْ مَسْئُولُونَ عَنِّي، فَمَا أَنْتُمْ قَائِلُونَ؟» قَالُوا: نَشْهَدُ أَنَّكَ قَدْ بَلَّغْتَ وَأَدَّيْتَ وَنَصَحْتَ، فَقَالَ: بِإِصْبَعِهِ السَّبَّابَةِ إِلَى السَّمَاءِ، وَيَنْكُتُهَا إِلَى النَّاسِ «اللَّهُمَّ اشْهَدْ، اللَّهُمَّ اشْهَدْ» ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ أَذَّنَ بِلَالٌ، ثُمَّ أَقَامَ، فَصَلَّى الظُّهْرَ، ثُمَّ أَقَامَ، فَصَلَّى الْعَصْرَ، وَلَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا، ثُمَّ رَكِبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى أَتَى الْمَوْقِفَ، فَجَعَلَ بَطْنَ نَاقَتِهِ، إِلَى الصَّخَرَاتِ، وَجَعَلَ حَبْلَ الْمُشَاةِ بَيْنَ يَدَيْهِ، وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ، فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفًا، حَتَّى غَرَبَتِ الشَّمْسُ، وَذَهَبَتِ الصُّفْرَةُ قَلِيلًا، حَتَّى غَابَ الْقُرْصُ، وَأَرْدَفَ أُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍ خَلْفَهُ، فَدَفَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَقَدْ شَنَقَ الْقَصْوَاءَ بِالزِّمَامِ، حَتَّى إِنَّ رَأْسَهَا، لَيُصِيبُ [ص:1026] مَوْرِكَ رَحْلِهِ، وَيَقُولُ بِيَدِهِ الْيُمْنَى «أَيُّهَا النَّاسُ السَّكِينَةَ، السَّكِينَةَ» كُلَّمَا أَتَى حَبْلًا مِنَ الْحِبَالِ أَرْخَى لَهَا قَلِيلًا، حَتَّى تَصْعَدَ، ثُمَّ أَتَى الْمُزْدَلِفَةَ، فَصَلَّى بِهَا الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ، بِأَذَانٍ وَاحِدٍ وَإِقَامَتَيْنِ، وَلَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا، ثُمَّ اضْطَجَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، حَتَّى طَلَعَ الْفَجْرُ، فَصَلَّى الْفَجْرَ، حِينَ تَبَيَّنَ لَهُ الصُّبْحُ، بِأَذَانٍ وَإِقَامَةٍ، ثُمَّ رَكِبَ الْقَصْوَاءَ، حَتَّى أَتَى الْمَشْعَرَ الْحَرَامَ، فَرَقِيَ عَلَيْهِ، فَحَمِدَ اللَّهَ، وَكَبَّرَهُ، وَهَلَّلَهُ، فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفًا، حَتَّى أَسْفَرَ جِدًّا، ثُمَّ دَفَعَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ، وَأَرْدَفَ الْفَضْلَ بْنَ الْعَبَّاسِ، وَكَانَ رَجُلًا حَسَنَ الشَّعَرِ، أَبْيَضَ وَسِيمًا، فَلَمَّا دَفَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، مَرَّ الظُّعُنُ يَجْرِينَ، فَطَفِقَ يَنْظُرُ إِلَيْهِنَّ الْفَضْلُ، فَوَضَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَهُ مِنَ الشِّقِّ الْآخَرِ، فَصَرَفَ الْفَضْلُ وَجْهَهُ مِنَ الشِّقِّ الْآخَرِ يَنْظُرُ، حَتَّى أَتَى مُحَسِّرًا، حَرَّكَ قَلِيلًا، ثُمَّ سَلَكَ الطَّرِيقَ الْوُسْطَى، الَّتِي تُخْرِجُكَ إِلَى الْجَمْرَةِ الْكُبْرَى، حَتَّى أَتَى الْجَمْرَةَ الَّتِي عِنْدَ الشَّجَرَةِ، فَرَمَى بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ، يُكَبِّرُ مَعَ كُلِّ حَصَاةٍ مِنْهَا، مِثْلِ حَصَى الْخَذْفِ، وَرَمَى مِنْ بَطْنِ الْوَادِي، ثُمَّ انْصَرَفَ إِلَى الْمَنْحَرِ، فَنَحَرَ ثَلَاثًا وَسِتِّينَ بَدَنَةً بِيَدِهِ، وَأَعْطَى عَلِيًّا، فَنَحَرَ مَا غَبَرَ، وَأَشْرَكَهُ فِي هَدْيِهِ، ثُمَّ أَمَرَ مِنْ كُلِّ بَدَنَةٍ بِبَضْعَةٍ، فَجُعِلَتْ فِي قِدْرٍ، فَطُبِخَتْ، فَأَكَلَا مِنْ لَحْمِهَا وَشَرِبَا مِنْ مَرَقِهَا، ثُمَّ أَفَاضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْبَيْتِ، فَصَلَّى بِمَكَّةَ الظُّهْرَ، فَأَتَى بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ، وَهُمْ يَسْقُونَ [ص:1027] عَلَى زَمْزَمَ، فَقَالَ: «انْزَعُوا بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ لَوْلَا أَنْ يَغْلِبَكُمُ النَّاسُ عَلَى سِقَايَتِكُمْ، لَنَزَعْتُ مَعَكُمْ» فَنَاوَلُوهُ دَلْوًا، فَشَرِبَ مِنْهُ
__________
[حكم الألباني] صحيح، م بلفظ «أبدأ» ، وهو الصواب

[Hadist Sunan Ibnu Majah No. 3074 Kitabu Manasik Babu Hajjati Rasulullah Salallahu alaihi wasallam]
 
… saya (Mhammad bin Ali bin Husain) bertanya: Kabarilah kami tentang hajinya Rasulillah SAW. Maka Jabir menjawab dengan tangannya maka menghitung sembilan dan berkata: Sesungguhnya Rasulallohi SAW diam / bertempat selama sembilan tahun tidak haji. Maka mengumumkan kepada manusia dalam tahun ke sepuluh bahwasannya Rasulullah SAW akan berhaji.

Maka banyak manusia datang di Madinah. Masing-masing menghendaki jika mengikuti Rasulillah SAW dan mengamalkan sebagaimana amalan Nabi. Maka Nabi berangkat dan kami berangkat bersama beliau.

Maka kami sampai di Dhul-hulayfah maka Asma’ bintu ‘Umais melahirkan seorang bayi, Muhammad bin Abu Bakar. Maka Asma’ mengutus kepada Rasulillah SAW: Bagaimana ia harus berbuat; Nabi menjawab: “Mandilah dan memakailah celana dalam dengan pakaian dan pakailah ihrom”.

Maka Rasullulloh SAW sholat di dalam masjid kemudian naik onta Qoswaa’. Sehingga ketika unta Nabi tetap di tanah Baida’ (Jabir berkata) Aku melihat sebatas pandanganku antara depanku antara orang yang berkendara dan orang yang berjalan. Dan dari kanannya Nabi juga seperti itu. Dan dari kirinya juga sama. Dan dari belakangnya Nabi juga demikian.

Dan Rasulullah SAW di antara kumpulan kami dan atas Nabi orang yang dituruni Al-Quran dan beliau yang memahami pengertiannya Quran. Apa-apa yang Nabi mengamalkan dengan Quran dari sesuatu kami mengamalkan dengannya.
Maka Nabi membaca talbiyah dengan meng-Esa-kan Alloh:

«لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ»

Dan para manusia membaca talbiyah seperti yang Beliau baca. Maka Rasululloh tidak melarang mereka sedikitpun dari Nabi. Dan Nabi terus talbiyah.

Jabir berkata: Kami tidak niat kecuali Haji. Kami tidak tahu Umroh itu apa. Sehingga ketika kami datang di Baitullah bersama Nabi, Nabi mengusap pojok Hajar Aswad maka lari-lari kecil tiga kali dan berjalan biasa empat kali kemudian berdiri dekat Makom Ibrohim dan mengucap:

{وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى}

Maka Nabi menjadikan Makom Ibrohim berada di antara dirinya dan Baitulloh.

Ayahku bercerita (Dan saya tidak tahu pada Jabir kecuali menceritakan dari Nabi SAW): Sesungguhnya beliau (Nabi) membaca dalam dua rakaat:

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، dan قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ،

Kemudian Nabi kembali ke Baitulloh dan mengusap Hajar Aswad kemudian keluar pintu menuju Shofa . Seteleh mendekat bukit Shofa membaca:

{إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ}

Maka Nabi memulai dengan bukit Shofa maka beliau naik. Ketika itu beliau menghadap Baitulloh . maka beliau membaca takbir, tahlil dan tahmid dan berdoa:

«لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ»

Kemudian berdoa antara demikian dan berdoa seperti ini tiga kali.

Kemudian turun menuju bukit Marwa dan berjalan sehinga ketika tetap kedua telapak kakinya, lari-lari kecil di tengah-tengah jurang. Sehingga saat itu batas keduanya (yaitu kedua telapak kakinya) berjalan biasa sampai sehinga sampai datang di Marwa.

Maka Nabi berbuat di Marwa sebagaimana berbuat di Shofa. Maka ketika terakhir sa’i-nya di Marwa Nabi bersabda: “Seandainya aku mengharap dari perkaraku apa-apa yang terdahulu maka aku tidak menggiring hadiyah, dan menjadikan amalan ini sebagai umroh”.

“Barangsiapa dari kalian tidak membawa hadiyah jadikanlah amalan ini sebagai umroh. Maka manusia tahalul dan masing-masing menggunting rambutnya”. Kecuali Nabi dan orang-orang yang membawa hadiyah …al-hadist.

Maka Syurakah bin Malik bin Ju’syum berdiri dan bertanya: “Wahai Rasulallah!, Adakah untuk tahun ini saja atau untuk selama-lamanya?

Jabir berkata: maka Rasulullah SAW mengumpulkan jarinya dalam yang lain dan bersabda: “Umrah masuk ke dalam haji seperti ini”. Dua kali. “Tidak bahkan untuk selama-lamanya”.

Jabir berkata, dan Ali datang menghadap Nabi SAW. Maka Ali menjumpai Fatimah termasuk orang yang tahalul dan memakai pakaian berwarna dan Ali mengingkari demikian itu atas Fatimah.

Maka Fatimah berkata: “Ayahku (Nabi) memerintahkanku dengan ini”. Maka Ada Ali berkata, di Iraq: “Maka aku pergi ke Rasulillah SAWorang yang melaporkan atas Fatimah apa-apa yang ia perbuat, saya adalah orang yang meminta pada Rasulallah SAW tentang yang Fatimah ucapkan, dan aku (Ali) mengingkari demikian itu atas Fatimah.

Maka Nabi bersabda: “Ia (Fatimah) benar, ia benar. Apakah yang engkau katakan ketika saya mewajibkan haji? Jabir berkata: Ali menjawab: Ya Allah sesungguhnya aku ihram dengan apa-apa yang RasulMu SAW ihram.

Nabi bersabda: “Maka sesungguhnya bersamaku Hadiyah, maka jangan tahalul”.

Jabir berkata: Maka ada kumpulan hadiyah yang Ali datang dari Yaman, dan yang Nabi datang dari Madinah, SERATUS.

Kemudian Manusia tahalul (lukar) semua dan cukur, kecuali Nabi dan orang-orang yang membawa hadiyah bersama mereka.
Maka ketika pada hari Tarwiyah dan menuju Mina, mereka berpakaian ihram untuk haji, maka Rasulullah SAW naik kendaraan.

Maka (Nabi) shalat, di Mina, dhuhur dan ashar dan maghrib dan ishak dan subuh. Kemudian diam sejenak sehingga terbit matahari. Dan Nabi perintah agar tenda dari kain wool didirikan untuk Nabi di Namirah.

Maka Rasulullah SAW berjalan, kaum Qurasy tidak ragu bahwa Nabi akan wukuf di Mas’aril Haram atau di Muzdalifa , sebagaimana orang-orang Quraisy lakukan pada jaman jahiliyah.

Maka RSAW berjalan terus sehingga datang di Arafah maka Nabi menjumpai kemah telah didirikan untuk beliau Nabi di Namira. Maka Nabi menempati kemah tersebut.

Sehingga ketika matahari telah condong, Nabi memerintahkan dengan onta Qoswa’ maka diberangkatkan untuk Nabi maka Nabi naik sehingga datang di tengah-tengah jurang (dekat Jabar Rahma).

Maka Nabi kutbah pada manusia:
“Sesungguhnya darah dan harta kalian atas kalian itu haram sebagaimana haramnya hari ini, Dalam bulan kalian ini, dalam Negara kalian ini. Ingatlah sesungguhnya segala sesuatu dari perkara jahiliyah DIBEBASKAN di bawah telapak kedua kakiku dan darah jahiliyah dibebaskan.

Dan pertama kali saya (Nabi) membebaskan qisos adalah Rabi’h bin Harist. (Rabi’h bin Harist adalah orang yang disusukan dalam Bani Sa’ad, maka Hudail membunuh Rabi’h bin Harist).

Dan Riba Jahiliyah dibebaskan, dan pertama kali riba yang saya bebaskan adalah riba kami, ribanya Abbas bin Abdil Muthalib. Maka sesungguhnya riba itu dibebaskan semuanya.

Maka takutlah pada Allah dalam perempuan. Maka sesungguhnya kamu sekalian menikahi perempuan dengan amanat Allah. Dan saya menghalalkan farji mereka dengan kalimat Allah. Dan sesungguhnya bagi kalian atas mereka agar tidak memasukkan tempat tidur kamu sekalian seseorang yang kalian benci kepadanya. Jika mereka berbuat demikian pukulah mereka dengan pukulan yang tidak merusak. Dan bagi perempuan atas kalian rizki mereka (perempuan) dan pakaian mereka bil ma’ruf.

Dan sungguh-sungguh saya telah meninggalkan dalam kalian apa-apa yang kalian tidak akan sesat apabila berpegang teguh dengannya. Kitabullah. Dan kalian adalah orang yang ditanya tentang saya. Maka adakah kalian orang yang berkata?

Umat Islam berkata: Kami menyaksikan sesungguhnya engkau (Nabi) sungguh-sungguh telah mendatangkan dan mendatangkan dan nasehat. Maka Nabi bersabda dengan jari telunjuk ke langit dan menunjuk kepada manusia: ”Ya Allah saya bersaksi, Ya Allah saya bersaksi”, tiga kali.

Kemudian Bilal mengumandangkan azan. Kemudian berdiri shalat dhuhur. Kemudian berdiri shalat asar. Dan tidak shalat antara keduanya sama sekali.

Kemudian Rasulullah SAW mengendarai sampai tiba di tempat wukuf. Maka beliau bertempat di tengah antara ontanya sampai batu besar. Dan Nabi menjadikan kumpulan manusia ada di depannya. Dan Nabi menghadap Kiblat.

Maka Nabi tidak selesai sehingga terbenam matahari dan hilang warna kuning sedikit. Sehingga mega merah sirna. Dan Nabi membonceng Usamah bin Zaid di belakangnya. Maka Rasulullah SAW berangkat dan sungguh-sungguh beliau menarik onta Qoswa’ dengan tali kendali, sehingga kepala onta membentur tiang depannya.

Dan Nabi bersabda dengan tangan kanannya: “Wahai manusia!, pelan. Pelan”. Ketika datang pada bukit dari beberapa bukit Nabi mengendurkan bagi onta sedikit sehingga naik.

Kemudian Nabi sampai di Muzdalifa maka beliau shalat di Muzdalifa Maghirb dan Asar dengan satu azan dan iqomah. Dan Nabi tidak shalat antara keduanya apapun.

Kemudian Rasulullah SAW tidur miring sampai terbit fajar. Maka Nabi shalat subuh, ketika subuh telah jelas bagi Nabi, dengan adhan dan iqomah.

Kemudian Nabi naik onta Qoswa’. Sehingga sampai Mas’aril Haram maka Nabi membaca tahmid, takbir dan tahlil. Dan beliau terus berhenti sehingga benar-benar terang kemudian berangkat sebelum matahari tebit. Dan Nabi membonceng Fadla bin Al-Abbas. Fadla adalah laki-laki yang bagus rambutnya, putih kulitnya dan tampan.

Ketika Rasulullah SAW berangkat, lewat rombongan perempuan sedang berjalan. Maka Fadla berbuat melihat pada mereka (perempuan). Maka Rasulullah SAW meletakkan tangannya dari sisi lain. Maka Fadla berpaling wajahnya ia melihat ke sisi lain. Sehingga Nabi datang di Jurang. Nabi menggerakkan sedikit, kemudian mengambil jalan tengah yang mengeluarkan pada Nabi ke Jumrah aqobah.

Sehingga Nabi sampai di Jumrah di sebelah pohon. Maka Nabi melempar dengan tujuh kerikil. Nabi membaca takbir bersamaan dengan setiap kerikil dari jumrah. Seperti kerikil ketepel. Dan Nabi melempar dari tengah jurang.

Kemudian Nabi bubar ke tempat menyembelih. Maka Nabi menyembelih enam puluh tiga onta dengan tangannya sendiri. Dan memberikan kepada Ali. Maka Ali menyembelih onta yang tersisa. Dan Nabi mengumpulkan hadiahnya kemudian memerintahkan dari setiap potongan onta. Maka Nabi menjadikan pendek-pendek dan memasaknya. Maka Nabi makan dagingnya dan minum kuahnya.

Kemudian Nabi tawaf Ifadhoh di Ka’bah. Maka Nabi shalat dhuhur di Mekah. Maka beliau datang pada Bani Abdil Muthalib dan mereka minum zamzam. Maka Nabi bersabda, “Maka timbalah wahai Bani Abdil Muthalib, seandainya manusia tidak mengalahkan /berebut padamu untuk menimba maka aku akan menimba bersama kalian”.

Maka Bani Abdul Muthalib menimbakan untuk Nabi satu timba dan Nabi minum dari timba itu.
[Hadist Sunan Ibnu Majah No. 3074 Kitabul Manasik]
 
 

Iklan

3 responses to “Hajinya Nabi Rasulillah Shalallohu Alaihi Wasallam

  1. H. Abd. Fatah Alhusaini

    Mohon maaf, mau bertanya : apakah Nabi Muhammad mengerjakan ibadah Haji setiap tahun ? Artinya berkali-kali ?

    • Seumur hidup Rasulullah hanya berhaji satu kali yaitu pada haji wada’ 10 Hijriyah. Sedangkan Nabi melaksanakan umrah sebanyak 4 kali selama hidupnya.

      • tri hartanti

        Apakah hukum seorang wanita yang melaksanakan haji atau umroh tanpa di dampingi oleh makhrom nya

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s