Makbulnya Doa Orang Yang Sedang Berpuasa

(LDII) Doanya Orang PuasaSalah satu kefadholan orang yang sedang puasa adalah bahwa doanya tidak ditolak oleh Allah Ta’ala. Tertulis dalam Hadist Riwayat Baihaqi dalam Sunan Al-Kabir Rasulullah s.a.w bersabda bahwa ada tiga orang yang doanya makbul:

  1. Doa orang tua kepada anaknya
    Keberhasilan seorang anak tidak lepas dari doa dan dukungan kedua orang tuanya. Dalam kondisi bagaimanapun orang tua tidak diperkenankan murka hingga mengutuk atau menyumpahi anaknya. Ucapan jelek orang tua bisa menjadi kenyataan pada anaknya.
  2. Doanya orang yang sedang berpuasa
    Untuk itu Muslim yang sedang berpuasa hendaknya memperbanyak doa yang baik, dan menghindari perbuatan-perbuatan dosa dan tercela yang dapat menghapus pahala puasa.
  3. Doa seorang musafir.
    Karana itu perbanyaklah berdoa ketika anda sedang bepergian.

647- أَخْبَرنَا أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ بَكْرٍ الْمَرْوَزِيُّ، حَدَّثَنَا السَّهْمِيُّ يَعْنِي عَبْدَ اللهِ بْنَ بَكْرٍ، حَدَّثَنَا حُمَيْدٌ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ تُرَدُّ، دَعْوَةُ الْوَالِدِ، وَدَعْوَةُ الصَّائِمِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ.
… Rasulullah s.a.w. bersabda: “Tiga doa tidak ditolak (oleh Allah), doanya orang tua (untuk anak), dan doanya orang yang berpuasa dan doa orang yang sedang bepergian”.
[Hadist Riwayat Baihaqi dalam Sunan Al-Kabir]
Iklan

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s