Integritas Muslim

LDII - Integritas MuslimPernahkah kita melihat seorang pejabat melanggar sumpah jabatannya? Atau perusahaan mengingkari janji yang pernah dipromosikan? Atau seseorang yang berkhianat setelah bermufakat dalam kongsi atau organisasi? Semua perbuatan itu bertentangan dengan syariat Islam yang telah digariskan oleh Allah subhanahu wata’aala dalam Kitab suci Al-Quran.

Melalui surah An-Nahl ayat 91-92, Allah Ta’ala memerintahkan setiap Muslim untuk menetapi janji dan tidak menjadikan sumpah sebagai kedok, tipu muslihat untuk mengelabui orang lain. Allah menggambarkan orang yang melanggar sumpah, berkhianat atau mengingkari janji seperti seorang wanita gila yang menenun kain sejak pagi hari kemudian setelah jadi bagus ia merusaknya sendiri.

Sidiq dan amanah, tidak berkhianat, tidak ingkar janji dan tidak menyalah gunakan sumpah merupakan tabiat orang beriman yang ditanamkan dalam Islam. Maka kepercayaan dan kemulyaan akan lahir akibat integritas dan kesetiaan memegang sumpah dan janji. Sedangkan orang atau lembaga yang ingkar, berbohong, tidak sesuai antara ucapan dan perbuatannya akan kehilangan kepercayaan dan jatuh nama baiknya.

Dalam Hadist shohih Muslim No. 105 – (2607) Rasulullah s.a.w. pernah menasehatkan “Tetapilah watak sidiq, sebab sifat sidiq itu menunjukkan pada kebaikan dan kebaikan akan menuntun kalian ke surga”.

وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللَّهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلَا تَنْقُضُوا الْأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللَّهَ عَلَيْكُمْ كَفِيلًا إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ (91) وَلَا تَكُونُوا كَالَّتِي نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ أَنْكَاثًا تَتَّخِذُونَ أَيْمَانَكُمْ دَخَلًا بَيْنَكُمْ أَنْ تَكُونَ أُمَّةٌ هِيَ أَرْبَى مِنْ أُمَّةٍ إِنَّمَا يَبْلُوكُمُ اللَّهُ بِهِ وَلَيُبَيِّنَنَّ لَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ (92)

Tetapilah janji kepada Allah ketika engkau berjanji dan janganlah engkau merusak sumpah setelah kuatnya sumpah dan sungguh-sungguh Allah menjadikan engkau sebagai orang yang menanggung, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa apa yang engakau perbuat.

Janganlah kalian seperti serang wanita (bernama Roithoh) yang merusak tenunannya setelah kuatnya kain tenun yang ia buat dengan beberapa kerusakan, kalian menjadikan sumpah kalian sebagai tipu daya antara kalian manakala ada satu umat lebih banyak dari umat lainnya. Sesunguhnya Allah menguji pada kalian dengan sumpahmu dan Allah akan menceritakan pada kalian pada hari kiamat apa-apa yang pernah engkau perselisihkan.

[Surah An-Nahl ayat 91-92]

 

105 – (2607) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ نُمَيْرٍ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، وَوَكِيعٌ، قَالَا: حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، ح وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ شَقِيقٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ،… الحديث
[Hadist shohih Muslim No. 105 – (2607) Kitabul Birri washilah wal adab]
Iklan

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s