Orang Iman Dengan Keturunan Beriman

(LDII) Orang Iman dan Anak BerimanSalah satu kefadholan anak beriman adalah bahwa kelak di Surga mereka akan mencari keluarganya, orang tua, istri dan anak-anaknya. Apabila derajat orang tua dan keluarga mereka di bawahnya atau bahkan ada di neraka maka anak itu akan minta kepada Allah menempatkan keluarga dan kedua orang tuanya bersama mereka di Surga sesuai dengan derajat sang anak. Pemahaman ini bisa dikaji dalam Hadist Riwayat Thobroni No. 640 Babul A’ini.

Quran Surah At-Thur(52) ayat 21 juga menegaskan, Allah akan mengangkat derajat orang tua beriman sama persis dengan derajat anak-anak mereka yang masuk Surga. Inilah pentingnya mengapa orang tua mesti mendidik anak-anaknya menjadi anak yang sholih dan fakih berbadah. Anak-anak sholih akan mengangkat derajat kedua orang tua baik di dunia maupun di akhirat.

640 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ أَبَانَ الدَّقِيقِيُّ الْبَغْدَادِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ غَزْوَانَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنَا شَرِيكٌ، عَنْ سَالِمٍ الْأَفْطَسِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ الْجَنَّةَ سَأَلَ عَنْ أَبَوَيْهِ وَزَوْجَتِهِ وَوَلَدِهِ , فَيُقَالُ لَهُ: إِنَّهُمْ لَمْ يَبْلُغُوا دَرَجَتَكَ وَعَمَلَكَ , فَيَقُولُ: يَا رَبِّ , قَدْ عَمِلْتُ لِي وَلَهُمْ , فَيُؤْمَرُ بِإِلْحَاقِهِمْ ” , وَتَلَا ابْنُ عَبَّاسٍ: {وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ} [الطور: 21] الْآيَةَ لَمْ يَرْوِهِ عَنْ سَالِمٍ إِلَّا شَرِيكٌ تَفَرَّدَ بِهِ ابْنُ غَزْوَانَ

… dari Ibnu Abas, sesungguhnya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Ketika seseorang masuk surga dia menanyakan kedua orang tuanya, istrinya dan anaknya-anaknya. Maka dikatakan, “Sesungguhnya mereka tidak sampai pada derajatmu”. Dia berkata, “Wahai Tuhanku, sungguh aku telah beramal untuk diriku dan keluargaku”. Maka mereka (keluarga) diperintah untuk menyusul anaknya…
[Hadist Riwayat Thobroni No. 640 Babul A’ini]
 

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ (21)

Orang-orang beriman dan mengikuti pada mereka keturunan-keturunan mereka dengan iman Aku (Allah) akan menyusulkan anak cucu mereka dan Aku (Allah) tidak mengurangi sedikitpun (pahala) amalan mereka.
[Surah At-Thur(52) ayat 21]

Iklan

One response to “Orang Iman Dengan Keturunan Beriman

  1. alhamdulillah jaza kumullah khoiro atas pencerahannya semoga manfaat dan barokah aminn, http://www.okecollection.com

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s