Orang Kaya Jadi Panutan

Orang KayaSifat materialistik telah mengakar dalam masyarakat moderen. Semua lini kehidupan hampir dikuasai dan dikendalikan orang-orang kaya dan pemilik modal. Apabila dulu para ulama, kyai dan guru sangat dihormati namun sekarang norma sosial itu telah bergeser. Masyarakat terutama anak muda dan pelajar lebih mengidolakan selebriti dan orang-orang kaya. Secara umum masyarakat saat ini lebih menghargai dan segan orang kaya dan para kapitalis daripada tokoh-tokoh agama.

Orang diagungkan dan dianut karena kekayaannya tanpa memandang kefahaman agama dan tingkat moral yang dimilikinya merupakan salah satu ciri zaman akhir yang sudah dekat dengan kiamat. Dalam hadist Hadist Thabrani No. 4860 Babul Aini, Rasulullah s.a.w. pernah menggambarkan kondisi akhir zaman yang pada saat itu tidak dibayangkan oleh seorangpun.

Perzinaan dan kemaksiatan, meluasnya khamr; minuman keras dan narkoba adalah ciri lain kerusakan moral di akhir jaman. Yang lebih ironis lagi menjelang kiamat ini banyak orang lebih sungguh-sungguh memelihara hewan piaraan daripada mendidik anak-anaknya. Kebohongan, kemunafikan dan kepalsuan merupakan sifat yang lekat pada manusia akhir zaman. Sampai-sampai Rasulullah s.a.w. menggambarkan banyak manusia berbulu domba namun hatinya srigala.

4860 – حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ: نَا سَيْفُ بْنُ مِسْكِينٍ قَالَ: نَا مُبَارَكُ بْنُ فَضَالَةَ، عَنِ الْمُنْتَصِرِ بْنِ عِمَارَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ وَكَانَ جَدَّهُ أَبُو ذَرٍّ الْغِفَارِيُّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ كَثُرَ لُبْسُ الطَّيَالِسَةِ، وَكَثُرَتِ التِّجَارَةُ، وَكَثُرَ الْمَالُ، وَعُظِّمَ رَبُّ الْمَالِ لِمَالِهِ، وَكَثُرَتِ الْفَاحِشَةُ، وَكَانَتْ إِمْرَةُ الصِّبْيَانِ، وَكَثُرَ الْفَسَادُ، وَجَارَ السُّلْطَانُ، وَطُفِّفَ فِي الْمِكْيَالِ وَالْمِيزَانِ، وَيُرَبِّي الرَّجُلُ جِرْوَ كَلْبٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يُرَبِّي وَلَدًا، وَلَا يُوَقَّرُ كَبِيرٌ، وَلَا يُرْحَمُ صَغِيرٌ، وَيَكْثُرُ أَوْلَادُ الزِّنَا، حَتَّى إِنَّ الرَّجُلَ لَيَغْشَى الْمَرْأَةَ عَلَى قَارِعَةِ الطَّرِيقِ، فَيَقُولُ أَمْثَلُهُمْ فِي ذَاكُمُ الزَّمَانِ: لَوِ اعْتَزَلْتُمْ عَنِ الطَّرِيقِ، يَلْبَسُونَ جُلُودَ الضَّأْنِ عَلَى قُلُوبِ الذِّئَابِ، أَمْثَلُهُمْ فِي ذَلِكَ الزَّمَانِ الْمُدَاهِنُ» الكتاب: المعجم الأوسط, الطبراني، أبو القاسم (260 – 360هـ، 873 – 971م)
… Abu Dhar meriwayatkan, Rasulullah s.a.w. bersabda: “Ketika kiamat telah dekat banyak pakaian yang memamerkan aurat, perdagangan, harta berlimpah, dan orang-orang kaya diagungkan karena kekayaannya, merajalelanya kemaksiatan / zina, dan anak-anak kecil menjadi pemimpin, banyak kerusakan, imam-imam menyeleweng, dan dikurangi timbangan, dan seorang laki-laki merawat anjingnya lebih baik dari pada merawat anaknya, orang-orang tua tidak lagi dimulyakan, dan anak-anak tidak disayangi, dan banyak lahir anak zina, sehingga seorang laki-laki menzinai di tengah jalan, dan orang terbaik pada masa itu berkata: “Sebaiknya jangan zina di jalan”, dan kulit mereka domba hatinya srigala, orang-orang pintar saat itu pandai mencari muka.

[Hadist Thabrani No. 4860 Babul Aini]

Iklan

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s