Menanamkan Akidah Anak Sejak Dini

Menanamkan Akidah Anak Sejak Dini“Setiap bayi dilahirkan dalam kondisi suci maka orang tuanya-lah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani atau Majusi”. Begitulah Sabda Nabi s.a.w. yang tertulis dalam Hadist Shohih Bukhari No. 1385 Kitabul Janaiz. Dalil tersebut menunjukkan tanggung jawab utama orang tua dalam membentuk karakter, membangun akhlak dan menanamkan akidah pada anak.

1385 – حَدَّثَنَا آدَمُ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ، أَوْ يُنَصِّرَانِهِ، أَوْ يُمَجِّسَانِهِ، كَمَثَلِ البَهِيمَةِ تُنْتَجُ البَهِيمَةَ هَلْ تَرَى فِيهَا جَدْعَاءَ»
… Nabi s.a.w. bersabda: “ Setiap anak dilahirkan keadaan suci, maka kedua orang tuanya menjadikannya Yahudi atau Nasrani atau Majusi …al-hadist”.
[Hadist Shohih Bukhari No. 1385 Kitabul Janaiz]

 
Adalah wajar jika orang tua menginginkan anaknya menjadi orang sukses, punya kedudukan, pangkat dan kecukupan ekonomi. Juga tidak salah apabila orang tua berusaha memberikan pendidikan dan fasilitas terbaik kepada anak-anaknya. Namun kerugian besar apabila orang tua tidak menanamkan akidah dan kefahaman agama yang kuat kepada anak –anak mereka.

Kesuksesan duniawi seorang anak akan sia-sia bila tidak diimbangi keimanan dan kefaqihan dalam ibadah. Anak yang tidak faham agama tidak akan bisa berbakti dan balas budi kepada orang tua. Seorang anak yang tidak memiliki keimanan tidak akan dapat membentengi dirinya dari pengaruh buruk kehidupan dan pergaulan. Seseorang yang tidak trampil beribadah akan mudah terjerumus dalam perbuatan dosa dan kemaksiatan. Sedangkan di akhirat seorang anak yang tidak bertaqwa justru akan menyeret orang tuanya masuk neraka.

Maka tanamkan akidah dan kefahaman agama yang kuat pada anak sejak dini. Sebab kewajiban pertama dan utama orang tua adalah memberikan pendidikan agama yang sebaik-baiknya. Sebagaimana disabdakan Nabi s.a.w. dalam Hadist Al-Ahkam bahwa Allah sangat murka manakala seseorang pandai dalam ilmu dunia namun bodoh dalam ilmu agama.
Berdasarkan tuntunan Rasulullah s.a.w. dalam Al-Hadist, tugas dan tanggung jawab utama kedua orang tua terhadap anak-anak mereka adalah:

  1. Mengajarkan Kitabillah
  2. Menanamkan akidah / keyakinan agama yang benar
  3. Memperbaiki akhlak
  4. Membimbing ibadah dan ketaqwan anak
  5. Mengawasi, mengarahkan dan membatasi pergaulan anak.
16717 – قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ: حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ، وَعَبْدُ الْأَعْلَى بْنُ حَمَّادٍ أَبُو يَحْيَى النَّرْسِيُّ، قَالَا: حَدَّثَنَا عَامِرُ بْنُ أَبِي عَامِرٍ الْخَزَّازُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ بْنُ مُوسَى، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدًا أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ»
… Rasulullah s.a.w. bersabda: “Tidak ada pemberian orang tua lebih utama daripada budi pekerti yang baik”.
hadist musnad Ahmad No. 16717 Kitabul Madaniyin

 

4833 – حَدَّثَنَا ابْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ، وَأَبُو دَاوُدَ، قَالَا: حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ وَرْدَانَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ، فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ»
__________
[حكم الألباني] : حسن
… sesungguhnya Nabi s.a.w., bersabda: “Seorang laki-laki atas agama / kefahaman teman duduknya, maka lihatlah siapa yang menemaninya”.
[Hadist Abu Dawud No. 4833 Kitabul Adab]
Iklan

2 responses to “Menanamkan Akidah Anak Sejak Dini

  1. Sekalian kaseh doa2 apa aja biar anak2 mjd soleh/ah …..ajkk

  2. Amal soleh buatkan share untuk WhatsApp jazakumullah hu khoiro

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s