Larangan Memelihara Anjing

Larangan Memelihara AnjingHadist Ibnu Majah Kitabushoidi (28) memuat tentang larangan dan ruginya memelihara anjing bagi kaum Muslimin. “Barang siapa memelihara anjing maka sesungguhnya ia dikurangi pahala amalannya setiap hari satu qiroth, kecuali anjing untuk menjaga ternak”. Demikian sabda Nabi s.a.w. dalam hadist No. 3204.

Bahkan dalam hadist sebelumnya Rasulullah s.a.w. memerintahkan umat Islam untuk membunuh anjing kecuali anjing-anjing yang didayagunakan seperti; untuk menjaga tanaman, untuk berburu dan anjing pelacak untuk mendeteksi kejahatan. Jadi kalau anda hobi memelihara ternak atau hewan piaraan maka hindarkanlah hewan piaraan anjing.

3204 – حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ قَالَ: حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ قَالَ: حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنِ اقْتَنَى كَلْبًا، فَإِنَّهُ يَنْقُصُ مِنْ عَمَلِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ، إِلَّا كَلْبَ حَرْثٍ أَوْ مَاشِيَةٍ»
__________
[حكم الألباني] صحيح

… Rasulullah s.a.w. bersabda: “Barangsiapa memelihara anjing, maka sesungguhnya anjing itu mengurangi sebagian amalnnya setiap hari satu qiroth, kecuali anjing untuk menjaga tanaman atau menjaga ternak”.

 

3205 – حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ أَبِي شِهَابٍ، حَدَّثَنِي يُونُسُ بْنُ عُبَيْدٍ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَوْلَا أَنَّ الْكِلَابَ أُمَّةٌ مِنَ الْأُمَمِ، لَأَمَرْتُ بِقَتْلِهَا، فَاقْتُلُوا مِنْهَا، الْأَسْوَدَ الْبَهِيمَ، وَمَا مِنْ قَوْمٍ اتَّخَذُوا كَلْبًا، إِلَّا كَلْبَ مَاشِيَةٍ، أَوْ كَلْبَ صَيْدٍ، أَوْ كَلْبَ حَرْثٍ، إِلَّا نَقَصَ مِنْ أُجُورِهِمْ، كُلَّ يَوْمٍ، قِيرَاطَانِ»
_________
[حكم الألباني] صحيح
… Rasulullah s.a.w. bersabda seandainya saja anjing itu bukan termasuk umat dari seluruh umat, niscaya aku (Nabi) perintahkan kalian membunuhnya, maka bunuhlah sebagian anjing itu, yaitu anjing hitam, dan anjing-anjing dari kaum yang memelihara kambing, kecuali anjing penjaga ternak, atau anjing berburu, atau anjing penjaga tanaman, jika tidak berkurang sebagian pahala mereka, setiap hari satu qiroth”.
Iklan

4 responses to “Larangan Memelihara Anjing

  1. Mohon tidak menulis “saw” tapi “shollallahu ‘alaihi wa sallam”… sesuai nasehat para ulama, untuk meraih berkah bersholawat atas Nabi.

  2. Assalamu’alaikum,
    Perihal memelihara anjing dikurangi pahala setiap hari, benar namun ada yang ingin saya tanyakan.
    Seorang sufi pahlawan Ibnu Mansyur Al Hallaj yang terkenal dengan ucapannya “Ana Al Haq” (merujuk dari rasa cintanya pada Allah), memelihara dua ekor anjing hitam. Namun yang saya ketahui, anjing yang dimiliki beliau berbeda dengan anjing yang dipelihara orang lain, anjing Ibn Mansyur jika berjalan bersama beliau selalu di samping badan beliau (karena paham posisi siapa tuan siapa piaraan), berbeda dengan anjing lain yang selalu berada di depan tuannya. Makna dari hal ini masih ambigu buat saya karena tingkat kecerdasan anjing memang di atas hewan lain.
    Setiap ada perjamuan makan (undangan), sebelum beliau datang, beliau suruh anjingnya terlebih dahulu untuk datang dan menyantap habis makanan yang disediakan untuk beliau, baru beliau datang setelahnya, jika anjingnya tidak datang maka beliau juga tidak akan datang.
    Menurut Mas Admin, salahkah yang dilakukan oleh Ibnu Mansyur Al Hallaj? Sementara posisi dia sebagai sufi pahlawan yang menjadi rujukan sufi2 setelahnya termasuk Jalaluddin Al Rumi, Syekh Sidi Jinnar, dan praktisi sufi dari Tariqat Maulawiyah (Mevlevi)?
    Mohon pencerahannya…
    Wassalamu’alaikum.

  3. anjing ga bersalahpun apa jg harus dibunuh? tolong dijelaskan maksdnya kalian membunuhnya, maka bunuhlah sebagian anjing itu, yaitu anjing hitam, dan anjing-anjing dari kaum yang memelihara kambing, kecuali anjing penjaga ternak .ak bingung mas admin :3

  4. Kita boleh tidak suka pelihara karena anjing diharamkan dalam Islam>>
    Tapi setidaknya juga tidak untuk membenci anjing2 itu
    karena perbedaan antara tidak suka dan benci itu sangat nyata sekali

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s