Ayo, Berzikir!

Keutamaan zikir kepada Allah
Seorang sahabat pernah minta fatwa kepada Rasulullah s.a.w.: “Wahai Rasulullah bagi saya syariat Islam itu sangat banyak, tunjukkan lah pada kami sesuatu yang mudah bagi kami”.

Nabi menjawab: “Jangan henti-henti lisanmu basah dari zikir kepada Allah yang Maha Mulya dan Maha Agung”.

Jelas, zikir merupakan ibadah sunah yang ringan, mudah dan tidak perlu biaya namun memiliki keutamaan yang sangat besar. Zikir bisa dilaksanakan dimanapun dan kapanpun. Tepat sekali bila Rasulullah s.a.w. memilihkan zikir sebagai amalan rutin bagi umatnya.

Diantara keutamaan amal zikir sebagaimana tersebut dalam Hadist Ibnu Majah Babul Fadhli Zikr (53) Kitabul Adab (33), yaitu:

  1. Allah ridha (senang) pada orang yang berzikir
  2. Allah Ta’ala menyertai dan mengangkat derajat orang yang berzikir
  3. Allah membanggakan orang yang berzikir
  4. Amalan zikir lebih baik daripada diberi emas dan perak dan lebih baik dari pada berperang dalam sabilillah
  5. Orang yang sedang berzikir dikelilingi oleh banyak malaikat dan dilimpahi rahmat
  6. Orang yang suka berzikir diliputi ketenangan
  7. Amalan zikir dapat menyelamatkan dari siksa neraka

Babul Fadhli Zikr (53) Kitabul Adab (33) Hadist Ibnu Majah juga mengajarkan bahwa berzikir dilakukan dengan menggerakkan atau membasahi bibir TIDAK dengan dibatin.

3790 – حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ حُمَيْدِ بْنِ كَاسِبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا الْمُغِيرَةُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِنْدٍ، عَنْ زِيَادِ بْنِ أَبِي زِيَادٍ، مَوْلَى ابْنِ عَيَّاشٍ، عَنْ أَبِي بَحْرِيَّةَ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ وَأَرْضَاهَا عِنْدَ مَلِيكِكُمْ، وَأَرْفَعِهَا فِي دَرَجَاتِكُمْ، وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ إِعْطَاءِ الذَّهَبِ وَالْوَرِقِ، وَمِنْ أَنْ تَلْقَوْا عَدُوَّكُمْ فَتَضْرِبُوا أَعْنَاقَهُمْ، وَيَضْرِبُوا أَعْنَاقَكُمْ؟» قَالُوا: وَمَا ذَاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: «ذِكْرُ اللَّهِ» وَقَالَ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ: «مَا عَمِلَ امْرُؤٌ بِعَمَلٍ أَنْجَى لَهُ مِنْ عَذَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ»
__________
[حكم الألباني] صحيح

… sesungguhnya Nabi s.a.w. bersabda: “Sudikah kalian aku kabari dengan kebaikan yang bisa engkau amalkan, dan diridhai amalan itu disisi Tuhanmu, dan diangkat derajat kalian, dan lebih baik daripada diberi emas dan perak, dan lebih baik dibanding jika kalian berperang fi sabilillah?”

Sahabat berkata: “Dan apakah itu, wahai Rasulullah?”

Nabi menjawab: “Zikir kepada Allah.”

Dan Muad bin Jabal mengatakan: “Tidak ada amalan seseorang yang dengan amalan tersebut lebih menyelamatkannya dari siksa neraka daripada zikir kepada Allah”.

[Hadist Ibnu Majah No. 3790 Kitabul Adab]

 

3791 – حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ، عَنْ عَمَّارِ بْنِ رُزَيْقٍ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْأَغَرِّ أَبِي مُسْلِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَأَبِي سَعِيدٍ، يَشْهَدَانِ بِهِ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا يَذْكُرُونَ اللَّهَ فِيهِ إِلَّا حَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ، وَتَغَشَّتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَتَنَزَّلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ»
__________
[حكم الألباني] صحيح

… dari Abi Hurairah dan Abi Sa’id yang keudanya mengetahui serita Nabi s.a.w. bersabda: “Suatu kaum tidaklah duduk di tempat duduknya dengan berzikir kepada Allah, kecuali para Malaikat mengelilinginya, rahmat menaunginya, dan ketenangan melingkupi mereka, dan Allah membanggakan mereka pada malaikat yang ada di sisi-Nya”.

[Hadist Ibnu Majah No. 3791 Kitabul Adab]

 

3793 – حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ قَالَ: حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ قَالَ: أَخْبَرَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ قَيْسٍ الْكِنْدِيُّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ، أَنَّ أَعْرَابِيًّا قَالَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ شَرَائِعَ الْإِسْلَامِ قَدْ كَثُرَتْ عَلَيَّ، فَأَنْبِئْنِي مِنْهَا بِشَيْءٍ أَتَشَبَّثُ بِهِ قَالَ: «لَا يَزَالُ لِسَانُكَ رَطْبًا مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ»
__________
[حكم الألباني] صحيح

… seorang Arab bertanya kepada Rasulillah s.a.w.: “Sesungguhnya syariat Islam sungguh banyak bagi saya, maka kabarkan pada saya salah satu yang mudah bagiku. Nabi menjawab: “Jangan henti-henti lisanmu basah dari zikir kepada Allah yang Maha Mulya dan maha Agung.”

[Hadist Ibnu Majah No. 3793 Kitabul Adab]
Iklan

13 responses to “Ayo, Berzikir!

  1. Zikir juga dengan cara , mengingat Allah dalam setiap kegiatan .

  2. ajkh

  3. yah memang aku juga berusaha seperti itu tp apa daya kadang aku dibilang baca mantra dan atau kena jin he he he

  4. ass. artikelnya sangat bagus, ayo terus diperbanyak dan tetap semangat, ini merupakan usaha untuk menjadi “guruning jagad”…wass

  5. Nana A.Sukmana

    Subhanallah………….

  6. sering kita dilupakan dengan segala aktivitas dan ucapan2 lahan yang ga manfaat… banyakin dzikir

  7. Untuk lebih memublikasikan kegiatan LDII — maka kami menyediakan halaman khusus — seluas-luasnya di Trims.

  8. Mari kita amalkan ilmu-ilmu yang kita ketahui di: bersama Pengajian LDII.

  9. anwar sanusi

    saya sudah ngaji di LDII berjalan tiga yahun sampai kini belum bisa mengajak anak dan istri untuk ikutserta ngaji bersama,amal solehnya dari saudara jamaah gimana agar keluarga kami mau ngaji bareng.

  10. Sukriwahidin

    asalamualaikum,saya mau tanya ,saya warga jamaah sejak kecil.dah mengaji juga dari kecil yang ingin saya tanyakan apakah dengan membaca semua artikel tadi sudah termasuk mankul dan jika diamalkan sudah bisa atau sah?

  11. @Sukri…Mas sukri insya alloh kalo dari kecil sudah di ajarkan semua mulai dari cabe rawit sampai remaja bahkan di pengajian dalil tertulis insya alloh sudah sering di kaji..Coba dibuka lagi hadist himpunananya…Ajkh

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s