100 Rahmat Allah

Sesungguhnya Allah memiliki seratus rahmat, Allah membagikan satu rahmat kepada seluruh makhluknya (di dunia). Dengan rahmat itu mereka (makhluk) saling menyayangi dan mengasihi. Dengan satu rahmat itu binatang-binatang menyayangi anak-anaknya. Sisa 99 rahmat, Allah akan menyayangi hambanya dengan 99 rahmat itu pada hari kiamat
Hadist Sunan Ibnu Majah No. 4293 Kitabul Zuhdi

100 Rahmat AllahAda dua misi pokok Rasulullah diutus ke muka bumi, yaitu mengajak umat masuk Surga dan memperingatkan manusia akan adanya siksa neraka. Sesuai dengan Firman Allah dalam Al-Quran surah Al-Furqon (25) ayat 56.

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا مُبَشِّرًا وَنَذِيرًا (56)

“Aku (Allah) tidak mengutusmu (Muhammad) kecuali untuk memberikan kabar gembira dan menyampaikan kabar menakutkan (neraka)”

Surga adalah rahmat Allah tempat polnya kebahagiaan yang kekal abadi selama-lamanya disediakan bagi orang beriman yang tidak menyekutukanNya. Neraka adalah jagat api tempat siksa dan penderitaan mengerikan yang kekal abadi tanpa ada batasnya, disediakan bagi orang kafir.

Allah memiliki sifat-sifat bertolak belakang yang harus diwaspadai oleh hambanya. Selain Allah Maha Pengasih, Penyayang dan Memulyakan, Allah juga Maha memaksa, Memberi siksa dan Menghinakan.

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ (22)

“Dialah Allah yang tidak ada tuhan selain Dia, Allah mengetahui alam ghaib dan alam nyata, Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang”.
[Surah Al-Hasr ayat 22]

Sifat Rahman Allah menunjukkan bahwa Allah memiliki Rahmat yang luas, menyeluruh untuk seluruh makhlukNya dan Rahmat Allah tidak ada yang melebihi dan atau menandingi. Rahmat Allah merata dan menyeluruh diberikan bagi orang-orang beriman maupun bagi orang-orang kafir.

Sifat Rahim Allah dilimpahkan khusus bagi umat beriman pada hari kiamat. Bagi orang-orang beriman bagian yang melimpah ruah terdiri dari kelembutan Allah, rasa sayang, perhatian, kasih di dunia dan di akhirat.

Sesungguhnya Allah memiliki seratus rahmat, Allah membagikan satu rahmat kepada seluruh makhluknya (di dunia). Dengan rahmat itu mereka (makhluk) saling menyayangi dan mengasihi. Dengan satu rahmat itu binatang-binatang menyayangi anak-anaknya. Allah akan menyayangi hambanya dengan sisa 99 rahmat pada hari kiamat. Demikian sabda Nabi dalam Hadist Sunan Ibnu Majah No. 4293 Kitabul Zuhdi.

Siapakah mereka yang berhak atas 99 rahmat itu? Mereka adalah umat yang beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukanNya sedikitpun. Sedangkan orang yang kelewatan dengan 99 rahmat Allah adalah mereka yang tidak beribadah karna Allah dengan taat, dan tidak meninggalkan kemaksiatan (Hadist Sunan Ibnu Majah No. 4296 dan No. 4298 Kitabul Zuhdi).

Allah Ta’ala juga telah menetapkan diriNya: “Sesungguhnya rahmatKu mengalahkan murkaku”. Maha Suci Allah yang Maha Pengampun, menerima taubat dan yang memberi kesempatan pada hambanya untuk bertaubat dan menyesali kesalahan dan dosa-dosa yang telah diperbuatnya.

4293 – حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ قَالَ: أَنْبَأَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «إِنَّ لِلَّهِ مِائَةَ رَحْمَةٍ، قَسَمَ مِنْهَا رَحْمَةً بَيْنَ جَمِيعِ الْخَلَائِقِ، فَبِهَا يَتَرَاحَمُونَ، وَبِهَا يَتَعَاطَفُونَ، وَبِهَا تَعْطِفُ الْوَحْشُ عَلَى أَوْلَادِهَا، وَأَخَّرَ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ رَحْمَةً، يَرْحَمُ بِهَا عِبَادَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ»
__________
[حكم الألباني] صحيح

… Nabi s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah memiliki 100 rahmat, Allah membagi satu rahmat merata antara seluruh makhluk, dengan satu rahmat itu mereka (makhluk) saling menyayangi dan mengasihi, dan dengan satu rahmat itu binatang-binatang mengasihi anak-anaknya, dan tersisa seratus rahmat, dengan 99 rahmat itu Allah menyayangi hambanya pada hari kiamat”.

Hadist Sunan Ibnu Majah No. 4293 Kitabul Zuhdi

 

4295 – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ، وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ، عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ، لَمَّا خَلَقَ الْخَلْقَ، كَتَبَ بِيَدِهِ عَلَى نَفْسِهِ: إِنَّ رَحْمَتِي تَغْلِبُ غَضَبِي ”
__________
[حكم الألباني] صحيح

… Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah yang Maha Mulya dan maha Agung, ketika menciptakan makhluk, Ia (Allah) menetapkan atas diriNya: “Sesungguhnya rahmatku mengalahkan murkaku”.

Hadist Sunan Ibnu Majah No. 4295 Kitabul Zuhdi
Iklan

One response to “100 Rahmat Allah

  1. Nasehate apiiik bgtz……..alhamdulillah utk pengkoreksian diri

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s