Ingat Mati dan Persiapan Menghadapi Mati

LDII - Ingat MatiKehidupan dunia ini nyata dan menggiurkan. Akan tetapi dibalik daya tariknya, dunia ini penuh ketidakpastian. Kehidupan dunia ini menipu, tidak lebih dari permainan dan sangat kecil nilainya. Apa yang telah kita cita-citakan dan kita usahakan dengan sungguh-sungguh sering hasilnya tidak sesuai harapan.

Sebaliknya, kehidupan akhirat saat ini adalah ghaib/ samar/ tidak nampak dan tidak masuk akal namun sangat pasti keberadaanya sebagaimana pastinya tiap orang akan MATI meninggalkan dunia ini. “Dimanapun engkau berada akan engkau jumpai kematian sekalipun engkau bersembunyi dalam gedung yang kokoh”, Surah An-Nisa’ ayat 78.

Surga PASTI, neraka PASTI, dan kubur adalah awal pertanda kehidupan di akhirat. Barang siapa selamat di dalam kubur berarti selamat pula kehidupan akhiratnya. Sebaliknya mereka yang menderita dalam kehidupan kuburnya maka alamat NERAKA tempatnya.

2308 – حَدَّثَنَا هَنَّادٌ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مَعِينٍ قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ يُوسُفَ قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بَحِيرٍ، أَنَّهُ سَمِعَ هَانِئًا، مَوْلَى عُثْمَانَ قَالَ: كَانَ عُثْمَانُ، إِذَا وَقَفَ عَلَى قَبْرٍ بَكَى حَتَّى يَبُلَّ لِحْيَتَهُ، فَقِيلَ لَهُ: تُذْكَرُ الجَنَّةُ وَالنَّارُ فَلَا تَبْكِي وَتَبْكِي مِنْ هَذَا؟ فَقَالَ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ القَبْرَ أَوَّلُ مَنْزِلٍ مِنْ مَنَازِلِ الآخِرَةِ، فَإِنْ نَجَا مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَيْسَرُ مِنْهُ، وَإِنْ لَمْ يَنْجُ مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَشَدُّ مِنْهُ»
__________
[حكم الألباني] : حسن

… sesungguhnya Rasulalloh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya kubur adalah tempat awal bagian dari kehidupan akhirat, jika ia selamat dari kubur maka apa-apa sesudahnya lebih mudah, jika tidak selamat dari kubur maka apa-apa setelahnya jauh lebih berat”.

[Hadist Sunan Termizi No. 2308 Abwabul Zuhdi]

 
Rasulullah salallohu ‘alaihi wasallam menasehatkan: “Orang cerdas adalah mereka yang banyak ingat mati dan sebaik-baiknya mempersiapkan diri untuk mati”, Hadist Ibnu Majah No. 4259 Kitabul Zuhdi.

Allah subhanahu wata’ala melalui surah Al-Anam ayat 70 menasehatkan agar kaum Mukminin menjauhi dan tidak terpengaruh pada orang-orang yang menjadikan agama sekedar guyonan dan main-main, mereka itulah orang yang tertipu kehidupan dunia. Mereka tidak serius, tidak sungguh-sungguh menjalankan agama.

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ…
[Surah An-Nisa’ ayat 78]

 

4259 – حَدَّثَنَا الزُّبَيْرُ بْنُ بَكَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ قَالَ: حَدَّثَنَا نَافِعُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ فَرْوَةَ بْنِ قَيْسٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ قَالَ: كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الْأَنْصَارِ، فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ؟ قَالَ: «أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا» ، قَالَ: فَأَيُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ؟ قَالَ: «أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا، أُولَئِكَ الْأَكْيَاسُ»
__________
[حكم الألباني] حسن

… seorang laki-laki anshor datang dan mengucap salam pada Nabi s.a.w., kemudian ia bertanya: “Wahai Rasulallah manakah orang beriman yang utama?

Nabi menjawab: “Mereka yang bagus akhlaknya”.

Laki-laki kembali bertanya: ”Manakah orang beriman yang cerdas?”

Nabi menjawab: “Mereka yang banyak ingat mati, dan mereka sebaik-baiknya persiapan setelah mati”, demikianlah orang yang cerdas”.

[ Hadist Ibnu Majah No. 4259 Kitabul Zuhdi]
Iklan

13 responses to “Ingat Mati dan Persiapan Menghadapi Mati

  1. muhamad dadang

    Mantap. Renungan semua mukmin

  2. Alhamdulillah, pengajian ini baik, ada dasar hukumnya, bukan sekedar koyok/cerito saja, saya mau ikut terus pengajian ini, alhamdulillah ini cara pengajian/belajar agama yang benar.

  3. Mantabbb sekali pengajian by LDII, menambah serta memperluas ilmu yg sangat manfaat dan brkh….

  4. Alhamdulillah, setiap ngaji selalu diingatkan untuk bisa masuk Surga, terhindar dari Neraka. Ajakan yang dari dulu sampai sekarang tidak akan berubah. Semoga dengan semakin seringnya kita mengaji, menjadikan kita insan yang paham. Tetap semangat dalam mengaji sedulur jama’ah di mana saja berada. 🙂

  5. kullunafsin daikotul maa udz…

  6. Hayati Latuconsina

    Alhamdulillah….. dengan adanya pengajian ini, akan selalu mengingatkan kita akan hari kematian

  7. semuanya nikmat, kalo di kerjakan karena Allah. 🙂

  8. syaifulloh umar

    quran ,jelas ,hadis jelas apalagi yg diragukan , kalau ragu sebaiknya kembali saja

  9. despi prianto

    Alhamdulillah…agak membingungkan,…kalau boleh tau pada bagian mana yang ada mengatakan….apa saja yg harus dilakukan untuk menghadapi mati ????? sesuai judul tulisan diatas. trimaksih

    • Pengajian LDII

      Rupanya anda kurang teliti membaca. Coba anda baca lagi paragraph ini:

      Allah subhanahu wata’ala melalui surah Al-Anam ayat 70 menasehatkan agar kaum Mukminin menjauhi dan tidak terpengaruh pada orang-orang yang menjadikan agama sekedar guyonan dan main-main, mereka itulah orang yang tertipu kehidupan dunia. Mereka tidak serius, tidak sungguh-sungguh menjalankan agama.

  10. ..assalamualikumb warohmatullah .. alhamdulillah dngan pengajian LDII ini lagi2 mengingatkan kita semua untuk mendekatkan diri pada Allah dan bertaqwa kpadanya .serta melakukan amal ma’ruff nahi mungkar dan perbegang teguh dngan peninggalan Rosulullah yaitu Al Qur’an dan sunnah.. smua harus dilakukan dngan penuh ke ihklasan untuk menggapai ridho Allah.. asukron katzir.. jazakomullahu khoir. assalamualaikumb warohmatullah.

  11. Asss…
    Usul setiap artikel jgn di tampilkan gambar perempuan
    Waalaikum salam
    Ajjkh
    Damasto

  12. Betul pol kita harus bisa jadi orang yg zuhud, akan rugi selamanya ketika di dunia tidak mempersungguh dalam ibadah

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s