Mendidik Anak Sejak Kecil

LDII - Mendidik Anak Sejak Kecil - Orang tua adalah penanggung jawab utama atas pembentukan moral dan kefahaman agama anak-anaknya. Sebaik-baiknya pemberian orang tua kepada anak adalah budi pekerti yang baik. Ini sesuai dengan Firman Allah dalam Kitab Suci Al-Quran dan tuntunan Nabi dalam Al-Hadist.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ (6)

“Wahai orang-orang beriman jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaga neraka adalah para malaikat yang kuat dan perkasa, mereka tidak pernah menentang perintah Allah dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.

[Surah At-Tahrim (66) ayat 6]

1385 – حَدَّثَنَا آدَمُ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ، أَوْ يُنَصِّرَانِهِ، أَوْ يُمَجِّسَانِهِ، كَمَثَلِ البَهِيمَةِ تُنْتَجُ البَهِيمَةَ هَلْ تَرَى فِيهَا جَدْعَاءَ»

… Nabi s.a.w. bersabda: “Setiap anak dilahirkan keadaan suci, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi..al-hadist”.

[Hadist Shohih Bukhari No. 1385 Kitabul Janaiz]

 
Ironi bahwa anak-anak jaman sekarang lebih dekat dengan teman-teman, media dan lingkungan luar daripada akrab dengan orang tua dan keluarga. Tidak sedikit orang tua Muslim yang menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak-anaknya pada guru dan lembaga pendidikan di luar. Media dan pergaulan luar itulah yang akhirnya membentuk karakter anak pada masa dewasanya. Akibatnya banyak anak muda terbawa arus mengikuti adab dan perilaku tanpa dilandasi nilai dan tujuan yang jelas.

Sementara itu, Islam melalui tauladan Nabi Muhammmad s.a.w. mengajarkan kaum Muslimin agar mendidik, mengarahkan, mengontrol sendiri anak-anak mereka sejak kecil. Sejak dini orang tua hendaknya memberi contoh, memberi tuntunan, menasehati dan mengajarkan anak-anaknya tentang ketaqwaan, budi pekerti, etika dan berbagai kebaikan.

495 – حَدَّثَنَا مُؤَمَّلُ بْنُ هِشَامٍ يَعْنِي الْيَشْكُرِيَّ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ، عَنْ سَوَّارٍ أَبِي حَمْزَةَ – قَالَ أَبُو دَاوُدَ: وَهُوَ سَوَّارُ بْنُ دَاوُدَ أَبُو حَمْزَةَ الْمُزَنِيُّ الصَّيْرَفِيُّ – عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ» ،
__________
[حكم الألباني] : حسن صحيح

… Rasulullah s.a.w. bersabda: “Perintahlah anak-anak kalian shalat ketika mereka berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka ketika mereka usia sepuluh tahun (bila tidak shalat) dan pisahkanlah antara anak laki-laki dan perempuan tempat tidur mereka”.

[Hadist Sunan Abi dawud No. 495 Kitabu Sholah]

 

5376 – حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، قَالَ الوَلِيدُ بْنُ كَثِيرٍ: أَخْبَرَنِي أَنَّهُ سَمِعَ وَهْبَ بْنَ كَيْسَانَ، أَنَّهُ سَمِعَ عُمَرَ بْنَ أَبِي سَلَمَةَ، يَقُولُ: كُنْتُ غُلاَمًا فِي حَجْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَتْ يَدِي تَطِيشُ فِي الصَّحْفَةِ، فَقَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَا غُلاَمُ، سَمِّ اللَّهَ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ، وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ» فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِي بَعْدُ

… Umar bin Abi Salamah meriwayatkan: “Waktu kecil saya berada di pangkuan Rasulullah s.a.w., sedangkan tanganku waktu itu mengapai-gapai dalam wadah makanan, maka Rasulullah s.a.w. menasehatiku: “Wahai anak, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kanan, dan ambilah yang makanan yang didekatmau”.
 
Hadist Shohih Bukhari No. 5376 Kitabul Ath’imah tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah telah mengajari Umar bin Abi Salamah budi pekerti /etiket di tempat makan sejak ia masih kanak-kanak.

Iklan

3 responses to “Mendidik Anak Sejak Kecil

  1. alvian maulana

    like

  2. alvian maulana

    kebiasaan thoat dlm urusan ibadah mmg hrs di tnmkan sjk kecil

  3. Achmad Malik

    Ilmu wajib dicari dan digali sejak kecil sehingga dewasa bisa terbiasa

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s