Shalat Di Atas Kendaraan

LDII - Solat di atas kendaraan - Shalat lima waktu merupakan salah satu rukun Islam yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap Muslim. Orang yang meninggalkan shalat adalah kafir hukumnya. Karena itu setiap Muslim tidak boleh meninggalkan shalat dimanapun kondisi apapun. Kecuali uzur yang dibenarkan syariat yaitu wanita yang sedang haid tidak boleh shalat. Sedangkan orang sakit atau yang sedang bepergian tidak dibenarkan meninggalkan shalat.

Hadist Turmizi No. 351 Abwabu Sholah menjabarkan tuntunan bagaimana shalat di atas kendaraan ketika sedang bepergian. Prinsip-prinsip shalat di atas kendaraan dalam perjalanan sama dengan shalat di tempat:

  1. Berwudhu, apabila tidak dijumpai air maka bisa diganti dengan tayamum menggunakan debu.
  2. Dimulai dengan takbir dan bisa dengan posisi duduk sebagai pengganti berdiri. Gerakan rukuk dilakukan dengan merunduk lebih tinggi daripada gerakan sujud atau sujud dengan merunduk lebih rendah daripada rukuk.
  3. Shalat di atas kendaraan bisa menghadap kemana saja sesuai dengan laju kendaraan, tidak harus menghadap kiblat.
  4. Shalat dalam perjalanan yang jaraknya lebih dari 90 km bisa dilakukan jama’, yaitu menggabungkan dua shalat dalam satu waktu, (dhuhur dengan ashar, maghrib dengan ishak) dan khosor, memendekkan shalat 4 rakaat menjadi 2 rakaat.
351 – حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ قَالَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، وَيَحْيَى بْنُ آدَمَ، قَالَا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ قَالَ: «بَعَثَنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَاجَةٍ فَجِئْتُهُ وَهُوَ يُصَلِّي عَلَى رَاحِلَتِهِ نَحْوَ المَشْرِقِ، وَالسُّجُودُ أَخْفَضُ مِنَ الرُّكُوعِ» ، [ص:183]

… Jabir meriwayatkan, “Nabi s.a.w. mengutus padaku untuk suatu keperluan maka aku datang pada beliau dan beliau sedang shalat di atas kendaraannya menghadap ke timur (bukan ke kiblat, kiblat di Madinah menghadap tenggara) dan sujud beliau lebih rendah daripada rukuknya”.

[Hadist Sunan Termizi No. 351 Abwabusholah]
Iklan

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s