Kesamaan Derajat dalam Islam

LDII - Salah satu ajaran pokok Islam adalah kesamaan derajat antar manusia. Allah menciptakan manusia menjadi berbagai bangsa dan etnis agar mereka saling mengenal, saling mengasihi dan saling menolong. Semua manusia adalah keturunan Adam yang diciptakan dari TANAH.

Islam telah menghapuskan kesombongan jahiliyah yang membanggakan dinasti / keturunan. Tidak patut satu bangsa merasa lebih unggul dari bangsa lainnya. Tidak pantas satu golongan merendahkan golongan lainnya. Islam mengukur derajat seseorang berdasarkan tingkat ketaqwaannya.

Dalam Islam hanya dikenal 2 golongan manusia. Golongan pertama adalah mereka yang berbuat bagus, bertaqwa dan mulya disisi Allah. Golongan kedua adalah orang-orang durhaka (fajir), celaka dan hina di sisi Allah.

3270 – حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دِينَارٍ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَبَ النَّاسَ يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ، فَقَالَ: ” يَا أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَذْهَبَ عَنْكُمْ عُبِّيَّةَ الجَاهِلِيَّةِ وَتَعَاظُمَهَا بِآبَائِهَا، فَالنَّاسُ رَجُلَانِ: بَرٌّ تَقِيٌّ كَرِيمٌ عَلَى اللَّهِ، وَفَاجِرٌ شَقِيٌّ هَيِّنٌ عَلَى اللَّهِ، وَالنَّاسُ بَنُو آدَمَ، وَخَلَقَ اللَّهُ آدَمَ مِنْ تُرَابٍ “، قَالَ اللَّهُ: {يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ} [الحجرات: 13] .
__________
[حكم الألباني] : صحيح

… sesungguhnya Rasulalloh s.a.w. berkhutabah pada hari kemenangan Mekah, Nabi bersabda: “Wahai manusia!, sesungguhnya Allah sungguh-sungguh telah menghapuskan kesombongan jahiliyah dan mengagung-agungkan bapak-bapak mereka, maka manusia terbagi dua golongan: Golongan yang bagus, bertaqwa dan mulya di sisi Allah, dan golongan yang fajir celaka dan hina di sisi Allah. Dan manusia adalah anak turun Adam yang diciptakan dari tanah.

Maka Allah berfirman: “Wahai manusia, sesungguhnya Aku menciptakan kamu sekalian terdiri dari laki-laki dan perempuan, dan Aku menjadikan kalian berbagai bangsa dan berbagai suku agar kalian saling mengenal, sesungguhnya paling mulya kalian di sisi Allah adalah ketaqwaan kalian, sesungguhnya Allah maha Mengetahuai dan maha Waspada”. (Surah al-Hujurat ayat 13)

[Hadist Sunan Termidzi No. 3270 Kitabul Tafsir]
Iklan

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s