Iman Pada Qodar

LDII - Iman Pada Qodar - Salah satu rukun iman adalah percaya dengan qodar. Seseorang tidak dikatakan beriman bila tidak percaya dengan qodar, qodar baik maupun qodar jelak. Semua yang terjadi / menimpa pada seorang hamba, baik atau buruk; hidup, mati, jodoh, rizki, untung, musibah atau celaka, semua adalah atas qodar Allah. Allah yang Maha Kuasa telah menetapkan qodar suatu apapun lima puluh ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.

2156 – …عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «قَدَّرَ اللَّهُ المَقَادِيرَ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ» : هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ
__________
[حكم الألباني] : صحيح

… Abdullah bin Umar meriwayatkan: Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: “Allah telah menetapkan suatu Qodar sebelum Ia menciptakan langit dan bumi lima puluh ribu tahun”.

[Hadist Sunan Termidzi No. 2156 Kitabul Qodar]

 
Setiap orang telah ditetapkan qodarnya sendiri-sendiri. Orang yang diqodar beruntung akan dengan mudah menjalani langkah-langkah keberuntungannya. Sebaliknya, orang yang ditakdirkan celaka maka dia tidak akan bisa menghindarinya. Hamba yang ditakdirkan masuk surga akan dengan mudah mengamalkan perbuatan-perbuatan ahli surga. Akan tetapi orang yang ditakdirkan masuk neraka tidak mungkin dapat beribadah dengan benar dan beramal sholih sesuai tuntunan Allah dan RasulNya.

Melalui Surah Al-Qomar ayat 48-49 Allah Ta’ala mengancam siksa neraka bagi orang-orang yang membantah soal qodar, orang-orang yang tidak percaya pada qodar dan orang-orang yang tidak ridho dengan qodar Allah.

يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا مَسَّ سَقَرَ (48) إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ (49)

Pada harinya orang-orang (yang tidak percaya dengan qodar) diseret ke neraka pada wajahnya agar merasakan sengatan neraka saqor, sesungguhnya Aku ciptakan segala sesuatu dengan qodar.

[Surah Al-Qomar ayat 48-49]

 

2144 – حَدَّثَنَا أَبُو الخَطَّابِ زِيَادُ بْنُ يَحْيَى البَصْرِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَيْمُونٍ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ، حَتَّى يَعْلَمَ أَنَّ مَا أَصَابَهُ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَهُ، وَأَنَّ مَا أَخْطَأَهُ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيبَهُ» …
__________
[حكم الألباني] : صحيح

… Rasulullah s.a.w. bersabda: “Seorang hamba tidak beriman sebelum ia percaya dengan qodar, baik maupun jelak sehingga ia meyakini apa-apa yang telah ditetapkan baginya tidak akan meleset pasti terjadi padanya, dan apa-apa yang tidak diqodar baginya tidak akan menimpa dia

[Hadist Sunan Termidzi No. 2144 Kitabul Qodar]

 

3290 – حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، وَأَبُو بَكْرٍ بُنْدَارٌ، قَالَا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ زِيَادِ بْنِ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ المَخْزُومِيِّ، [ص:399] عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: ” جَاءَ مُشْرِكُو قُرَيْشٍ يُخَاصِمُونَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي القَدَرِ فَنَزَلَتْ {يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا مَسَّ سَقَرَ إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ} [القمر: 49] “: «هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ»
__________
[حكم الألباني] : صحيح

… Abu Hurairah meriwayatkan: “Beberapa musyrik Quraisy datang pada Nabi s.a.w. membantah soal qodar, maka turunlah ayat: “Pada hari itu Aku (Allah) seret ke neraka pada wajah mereka (musrik) agar merasakan siksa neraka saqor, sesungguhnya segala sesuatu aku ciptakan dengan qodar”.

[Hadist Sunan Termidzi No. 3290 Abwabul Tafsir Qur’an]

 

Kaum Qodariah dan Murji’ah

Ada 2 golongan di luar Islam yang memiliki kefahaman berbeda tentang qodar. Mereka adalah; Kaum Murji’ah dan kaum Qodariayah

Kaum murji’ah adalah golongan yang percaya dengan qodar namun mereka tidak mau beramal. Mereka tidak mau beribadah dengan benar bahkan terus berbuat maksiat namun mempunyai keyakinan bisa masuk surge karena orang masuk surga itu atas qodar Allah.

Kaum qodariyah adalah umat yang tidak percaya dengan adanya qodar Allah. Mereka berkeyakinan apa-apa yang mereka dapatkan seperti; rizki, keberuntungan dan kebahagiaan, semata-mata atas usaha mereka sendiri. Begitu juga sesuatu musibah atau celaka yang menimpa mereka adalah akibat kesalahan mereka sendiri atau karena kelalaian orang lain.

Dengan percaya pada qodar orang beriman akan tenang dan damai hidupnya. Orang yang percaya qodar akan bisa bersyukur pada Allah atas segala rizki, keberuntungan dan kebahagiaan yang ia dapatkan. Sebaliknya orang beriman tidak akan mudah menyalahkan diri sendiri, mencela orang lain dan mencari kambing hitam atas segala kejelekan / musibah yang menimpa dirinya. Hamba yang beriman dengan qodar akan selalu tawadu’ / rendah hati dan terus mendekatkan diri kepada Allah serta tidak hendti-henti berdoa, karena tidak ada yang dapat merubah qodar kecuali dengan berdoa.
 

2139 – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ الرَّازِيُّ، وَسَعِيدُ بْنُ يَعْقُوبَ، قَالَا: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ الضُّرَيْسِ، عَنْ أَبِي مَوْدُودٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ، عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ، عَنْ سَلْمَانَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يَرُدُّ القَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ، وَلَا يَزِيدُ فِي العُمْرِ إِلَّا البِرُّ» …
__________
[حكم الألباني] : حسن

… Rasulullah s.a.w. bersabda: Tidak ada yang dapat merubah qodar kecuali doa, tidaklah menambah umur kecuali kebagusan”

Iklan

One response to “Iman Pada Qodar

  1. Demikian bermanfaat yang saya rasakan, pengajian yg dibawakan oleh LDII, krn memiliki dasar yang kuat dalam amalan yg sesuai dg Qur’an dan Hadist dan amalannya sangat konsisten, konsekwen dan jelas dasr hokum yg digunakan! tk kpd LDII.

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s