Pemimpin Bodoh Yang Dusta dan Zalim

Pemimpin IslamRasulullah s.a.w. telah mengingatkan akan munculnya pemimpin-pemimpin yang bodoh, dusta dan zalim. Nabi s.a.w. menasehatkan kaum Muslimin agar tidak mendekat, mendukung maupun membantu pada pemimpin-pemimpin seperti itu.

Mereka adalah pemimpin yang tidak mengikuti petunjuk Nabi dan tidak mengamalkan sunnah Nabi.

Orang-orang yang mendekat pada pemimpin dzalim dan dusta, membenarkan kedustaan, dan membantu kedzaliman mereka BUKAN termasuk golongan Nabi dan Nabi bukan golongan mereka. Dengan kata lain pemimpin-pemimpin yang dusta dan dzalim itu bukan orang Islam.

15284 – حَدَّثَنَا عَفَّانُ، حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ خُثَيْمٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَابِطٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «يَا كَعْبُ بْنَ عُجْرَةَ أُعِيذُكَ بِاللَّهِ مِنْ إِمَارَةِ السُّفَهَاءِ» قَالَ: وَمَا ذَاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: «أُمَرَاءٌ سَيَكُونُونَ مِنْ بَعْدِي مَنْ دَخَلَ عَلَيْهِمْ، فَصَدَّقَهُمْ بِحَدِيثِهِمْ، وَأَعَانَهُمْ عَلَى ظُلْمِهِمْ فَلَيْسُوا مِنِّي، وَلَسْتُ مِنْهُمْ، وَلَمْ يَرِدُوا عَلَيَّ الْحَوْضَ، وَمَنْ لَمْ يَدْخُلْ عَلَيْهِمْ، وَلَمْ يُصَدِّقْهُمْ بِحَدِيثِهِمْ، وَلَمْ يُعِنْهُمْ عَلَى ظُلْمِهِمْ، فَأُولَئِكَ مِنِّي، وَأَنَا مِنْهُمْ، وَأُولَئِكَ يَرِدُونَ عَلَيَّ الْحَوْضَ. يَا كَعْبُ بْنَ عُجْرَةَ، الصَّلَاةُ قُرْبَانٌ، وَالصَّوْمُ جُنَّةٌ، وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ. يَا كَعْبُ بْنَ عُجْرَةَ، لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ نَبَتَ لَحْمُهُ مِنْ سُحْتٍ، النَّارُ أَوْلَى بِهِ» . الْحَدِيثِ
الكتاب: مسند الإمام أحمد بن حنبل

.. Rasulullah s.a.w. bersabda: “Wahai Ka’ab bin ‘Ujroh, semoga engkau terlindung dari pemimpin-pemimpin yang bodoh”.

Ka’ab bertanya: “Apakah itu ya Rasulalloh?”

Nabi menjawab: “Akan ada pemimpin-pemimpin setelah Aku, barang siapa yang mendekat pada mereka, dan membenarkan cerita (dustanya), dan membantu penganiayaannya, maka ia tidak termasuk golonganku, dan aku tidak termasuk golongannya dan mereka tidak akan datang di telagaku.

Dan barang siapa tidak mau mendekat, tidak mendukung dusta mereka, dan tidak menolong penganiayaan mereka, dia itu termasuk golonganku dan aku termasuk golongannya. Dan mereka akan datang di telagaku.

Wahai Ka’ab bin Ujroh, sholat itu adalah pendekat diri kepada Alloh, dan puasa itu sebagai penghalang (siksa), dan shodakoh dapat memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.

Wahai Ka’ab bin Ujroh, tidak dapat masuk surga, daging yang tumbuh dari barang haram, tapi nerekalah yang lebih berhaq.

[Hadist Musnad Ahmad bin Hambal No. 15284]

Iklan

2 responses to “Pemimpin Bodoh Yang Dusta dan Zalim

  1. Muhammad Abbas

    Sippp… Ajzkr

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s