Surah Al-Waqi’ah ayat 79

“Tidak ada yang dapat menyentuh Al-Quran kecuali orang-orang yang disucikan”.


Hadist Shohih Bukhari Bab No. 47 Kitabu Tauhid menafsirkan kandungan surat Al-Waqi’ah ayat 79: لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

Abu Rozin menafsirkan: “Tidak ada yang bisa menjumpai nikmatnya Qur’an dan manfaat Qur’an kecuali orang-orang yang beriman dengan kitab suci Al Quran. Dan tidak ada yang mengamalkan kebenaran Quran kecuali orang yang yakin”.

Pemahaman ini sebanding dengan firman Allah dalam surat Al-Jumu’ah ayat 5:

مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ (5)

“Gambaran orang-orang yang membawa kitab Taurat kemudian tidak mau mengamalkannya sebagaimana kuda khimar yang membawa kitab, sejelek-jeleknya gambaran kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah dan Allah tidak memberi hidayah pada kaum yang dzalim”.
[Al-Quran surat Al-Jumu’ah ayat 5]

بَابُ قَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى: {قُلْ فَأْتُوا بِالتَّوْرَاةِ فَاتْلُوهَا} [آل عمران: 93]
وَقَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أُعْطِيَ أَهْلُ التَّوْرَاةِ التَّوْرَاةَ فَعَمِلُوا بِهَا، وَأُعْطِيَ أَهْلُ الإِنْجِيلِ الإِنْجِيلَ فَعَمِلُوا بِهِ، وَأُعْطِيتُمُ القُرْآنَ فَعَمِلْتُمْ بِهِ» وَقَالَ أَبُو رَزِينٍ: {يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلاَوَتِهِ} [البقرة: 121] : «يَتَّبِعُونَهُ وَيَعْمَلُونَ بِهِ حَقَّ عَمَلِهِ» ، يُقَالُ: {يُتْلَى} [النساء: 127] : ” يُقْرَأُ، حَسَنُ التِّلاَوَةِ: حَسَنُ القِرَاءَةِ لِلْقُرْآنِ “، {لاَ يَمَسُّهُ} [الواقعة: 79] : «لاَ يَجِدُ طَعْمَهُ وَنَفْعَهُ إِلَّا مَنْ آمَنَ بِالقُرْآنِ، وَلاَ يَحْمِلُهُ بِحَقِّهِ إِلَّا المُوقِنُ، لِقَوْلِهِ تَعَالَى» : {مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا، كَمَثَلِ الحِمَارِ [ص:156] يَحْمِلُ أَسْفَارًا بِئْسَ مَثَلُ القَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ، وَاللَّهُ لاَ يَهْدِي القَوْمَ الظَّالِمِينَ} [الجمعة: 5] وَسَمَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الإِسْلاَمَ وَالإِيمَانَ وَالصَّلاَةَ عَمَلًا، قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِبِلاَلٍ: «أَخْبِرْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الإِسْلاَمِ» ، قَالَ: مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ إِلَّا صَلَّيْتُ وَسُئِلَ أَيُّ العَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: «إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ، ثُمَّ الجِهَادُ، ثُمَّ حَجٌّ مَبْرُورٌ»
Iklan

9 responses to “Surah Al-Waqi’ah ayat 79

  1. Jadi surat ini tidak ada kaitan sama sekali dengan keharusan berwudhu sebelum menyentuh Quran

  2. Mohon untuk di terjemahkan juga hadist nya. ajkh

    • Anda bisa minta kemangkulan mubaligh setempat tentang hadist ini

      • Kenapa tidak sekalian saja di terjemahkan langsung postingan ini. Apakah postingan yg anda buat ini hanya lingkup untuk sesama jamaah anda saja atau untuk umum?

      • Ini salah satu makna yang anda minta sudah tercantum di atas.

        Abu Rozin menafsirkan: “Tidak ada yang bisa menjumpai nikmatnya Qur’an dan manfaat Qur’an kecuali orang-orang yang beriman dengan kitab suci Al Quran. Dan tidak ada yang mengamalkan kebenaran Quran kecuali orang yang yakin”.

  3. Iya waktu ayat di turunkan kan belum ada kitab, kok saat ini dimaknai kitab al_quran kita yang sekarang itu.

    • Pikiran anda harus nya terbuka dan lebih luas lagi, saat diturunkan alquran apakah turunnya itu di indonesia? Mungkin jika diturunkan di indonesia dan memakai bahasa indonesia alquran tidak perlu diterjemahkan lagi untuk disini. Dan kalo semua umat manusia pandai bahasa arab, mungkin alquran tidak perlu lagi diterjemahkan.

      • Ungkapan anda “Pikiran anda harus nya terbuka dan lebih luas lag” bukti anda sudah biasa memahami syariat berdasarkan akal / pendapat/ angan-angan, tidak berpegang teguh pada ilmu Quran dan Hadist.

        Jadi anda lebih percaya dengan pendapat sendiri daripada penjelasan para tabi’in dan para ulama sholihin terdahulu.

  4. Mohon maaf nih semuanya, niat saya untuk mengikuti blog ini agar ilmu & pemahaman agama dapat bertambah. Ternyata saya bertanya dg baik2 dan dijawab hanya membolak balikkan bahasa saja. Oyaa, cara untuk tidak mengikuti blog ini lagi gmn ya?

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s