Haramnya Sihir

Tertulis dalam Hadist Nasa’i No. 4078, sebagian syariat Islam telah ada sejak jaman Bani Isroil, salah satunya adalah larangan sihir.

Sihir meliputi jimat, mantra-mantra, dan bundelan-bundelan yang dapat mempengaruhi jiwa dan raga seseorang. Karena itu sihir bisa membuat orang sakit, mati, dan bisa memisahkan antara suami istri. Sihir adalah ajaran syaithon sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 102:

وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ

Sulaiman tidak kufur akan tetapi syaithonlah yang kafir dengan mengajarkan sihir pada manusia.

Sihir juga dapat menipu pandangan dan pikiran manusia, seperti memisahkan kepala dari tubuh kemudian mengembalikan lagi, tali bisa kelihatan seperti ular atau seseorang merasa telah berbuat sesuatu padahal dia diam tidak berbuat apa-apa.

Al-Quran surat Thoha ayat 66 mengisahkan Nabi Musa yang menghadapi tukang-tukang sihir raja fir’aun.

قَالَ بَلْ أَلْقُوا فَإِذَا حِبَالُهُمْ وَعِصِيُّهُمْ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ مِنْ سِحْرِهِمْ أَنَّهَا تَسْعَى (66)

Nabi Musa berkata : “Jatuhkanlah, maka ketika itu tali-tali tukang sihir dan tongkat mereka diilusikan pada Musa oleh sihir mereka seolah-olah ular yang berjalan”.

Sihir / santet / tenung dosanya setara dengan syirik yaitu hancur lebur semua amal baiknya dan wajib masuk neraka. Nabi bersabda dalam Hadist Shohih Bukhari No. 5746 Kitabu Tahrimi Dam

5764 – حَدَّثَنِي عَبْدُ العَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ زَيْدٍ، عَنْ أَبِي الغَيْثِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” اجْتَنِبُوا المُوبِقَاتِ: الشِّرْكُ بِاللَّهِ، وَالسِّحْرُ “

Rasulallohi sholallohu alaihi wasallam bersabda: “Jauhilah penghancur amalan : Syirik dan sihir”.

Maka kaum Muslimin wajib menjauhi perbuatan sihir, menyihir, minta tolong dengan sihir, mendatangi tukang sihir / paranormal dan menonton tayangan yang bersifat horor, magic, klenik dan syirik.

Iklan

3 responses to “Haramnya Sihir

  1. Amalkan setiap pagi dan sore, baca Q.S. Al Ikhlash, Alfalaq dan Annas, masing-masing tiga kali. Insyaalloh terlindungi dari gangguan jin, sihir, orang yang iri, dan lain-lain.

  2. Assalamualaikum
    Amal sholih saya dijelaskan tentang hadist-hadist tentang perpakaian perempuan tentang cadar, hijab karena wanita-wanita syiah sering mendebat ttg itu. Wlpn sya terus mencoba menghindari debat dengan menjawab “itu pemahaman mu silakan untuk mu dan saya pnya pemahaman sendiri yang sya pelajari dari hadist-hadist” pertanyaan yg ingin sya sampaikan bolehkah kita mendebat dia. Sya takut terpengaruh. Semoga allah selalu menjaga keimanan sya aminn

    • Cadar itu bukannya hal yg Furu’ (tambahan) toh di zaman nabi wanitanya juga tidak pakai cadar, seandainya wajib bercadar maka banyak hadits yg menjelaskan, tapi nyatanya?? Lebih baik meninggalkan debat dengan hal-hal yang furu. Cadar tidak menjadikan seseorang lebih afdol dalam hal agama, tapi kalau mau diamalkan silahkan. Ada teman saya pakai cadar (casing sih syar’i pol) penampilannya wow.. tapi begitu saya coba tanya soal najis dan suci dia malah tidak begitu faham soal itu, di sini saya ambil kesimpulan jelas terbalik. Hal yg furu’ diamalkan yang wajib malah dikesampingkan

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s