Ayo Mengkaji Quran dan Hadist Bersama LDII – Lembaga Dakwah Islam Indonesia

“Apakah anda ingin menguasai Ilmu Qur’an dan Hadist?
Datang saja ke pengajian LDII terdekat atau langsung ke Pesantren-pesantren LDII di seluruh Indonesia”

Mengaji Qur’an dan Hadist merupakan program pertama dan paling utama dalam LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia). Mengaji Quran dan Hadist dilaksanakan secara rutin 2 – 3 kali dalam seminggu di setiap kelompok pengajian LDII. Biasanya setiap desa / kelurahan terdapat satu kelompok pengajian di bawah koordinasi Pengurus Anak Cabang (PAC) LDII.

Manfaat mengaji Quran dan Hadist antara lain:

  1. Menjamin sahnya pengamalan ibadah yang dikerjakan, sebab suatu amalan ibadah yang tidak didasari pengetahuan ilmu/ dalilnya tidak diterima Allah.
  2. Menjaga kemurnian agama Islam, menghindari ro’yu, angan-angan, pendapat atau liberalisasi dalam pemahaman dan pengamalan ajaran Islam.
  3. Menguasai ilmu Quran Hadist merupakan syarat mutlak hidupnya agama Islam dan tegaknya keimanan seorang Muslim.
  4. Dengan mengetahui dasar dalil dalam Quran & Hadist para jamaah akan memahami hak dan kewajiban masing-masing sebagai orang Islam, sehingga jamaah mudah dinasehati, diarahkan dan diajak untuk beribadah dan beramal sholeh.
  5. Dengan menguasai ilmu Quran & Hadist masing-masing jamaah dalam beribadah tidak semata terpaku pada figur ulama’, kyai atau pimpinannya.
  6. Mengaji Quran Hadist memang merupakan kewajiban pokok dalam Islam.

Materi pengajian adalah Al-Quran dan Al-Hadist. Untuk jamaah pada umumnya, agar mudah diamalkan, LDII mencetak Himpunan Hadist berdasarkan kitab atau kategori amalan tertentu, seperti: Kitabu Sholah, Kitabu Daawat, Kitabu Adab, Kitabu Manasik Haji dan lain-lain. Di LDII ada 15 Hadist Himpunan. Untuk level mubaligh dan ulama dalam LDII juga dikajikan Hadist Besar yang juga dikenal dengan Hadist Kutubu Sittah, terdiri dari:

1. Hadist Shohih Bukhari

2. Hadist Shohih Muslim

3. Hadist Sunan Abi Dawud

4. Hadist Sunan Nasa’i

5. Hadist Sunan Termidhi

6. Hadist Sunan Ibni Majah

Untuk wilayah Jawa Timur, Kitab Quran dan Kitab Hadist Kutubu Sittah dapat diperoleh / dibeli di daerah kampung Arab sekitar Masjid Ampel Surabaya atau alamat tepatnya Toko Beirut Jl. Panggung No. 122, Pabean Cantikan, Surabaya, 60162, Indonesia ‎Telp. +62 31 3554555 ‎

Metode pengajian di LDII sangat sederhana yaitu guru membaca, menterjemahkan dan menerangkan ayat-ayat Quran atau hadist-hadist yang dikaji sedangkan murid / jamaah mendengarkan, menulis makna kata demi kata di bawah text Quran atau Hadist yang sedang dikaji. Keterangan ayat Quran atau hadist juga ditulis langsung di lembar halaman yang bersangkutan. Jamaah LDII memisahkan antara Quran untuk bacaan dan Quran untuk mengkaji keterangan.

Guru-guru pengajian LDII di tingkat kelompok atau PAC adalah mubaligh atau mubalighot utusan LDII pusat yang dikirim melalui Pondok Wali Barokah Kediri Jawa Timur. LDII setiap bulan meluluskan dan menyebarkan sedikitnya 500 (lima ratus) orang mubaligh dan mubalighot ke seluruh tanah air.

Wajibnya Mengkaji Quran dan Hadist

Kewajiban mengaji Quran dan Hadist didasarkan pada dalil-dalil berikut:

    • وَأَنَّ هَـذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلاَ تَتَّبِعُواْ السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُم بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Dan sesungguhnya ini (Al Quran) adalah jalanKu yang benar maka ikutilah, dan janganlah mengikuti sembarang jalan, maka akan tersesat kamu sekalian dari jalan Allah”.

[Surah Al An’am ayat 153]

 

    • 3338/678 – مَالِكٌ؛ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: «تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ اللهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ (1) » . موطأ الإمام مالك

… sesungguhnya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Aku (Nabi) telah meninggalkan kepada kamu sekalian dua perkara. Kalian tidak akan tersesat (pasti benarnya) selagi berpegang teguh pada keduanya, yaitu Kitabillah (Al Quran) dan Sunah Nabi (Al Hadist)”.

[Hadist Imam Malik fii Mautho’ No. 3338/678]

 

    • يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ آمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ … الأية* سورة المجادلة ١١

“Alloh mengangkat derajatnya orang-orang yang beriman dan orang-orang yang mempunyai ilmu.”

[Surah Al-Mujadalah Ayat 11]

 

    • …إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ (28)

…sesungguhnya yang takut kepada Alloh adalah dari hambaNya yang berilmu sesungguhnya Alloh Maha Mulya Maha Pengampun.

[Surah Fatir (35) ayat 28]

 

    • قَالَ اللهُ تَعَالَى : وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً . سورة الإسراء أية ٣٦

“Dan janganlah kamu mengerjakan sesuatu Amalan yang mana kamu belum tahu ilmunya, ketahuilah sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan penghayatan, kesemuanya itu pasti akan di pertanyakan kegunaannya.”

[Surah Al-Isro’ Ayat 36]

 

    • 5027 – حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عَلْقَمَةُ بْنُ مَرْثَدٍ، سَمِعْتُ سَعْدَ بْنَ عُبَيْدَةَ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ، عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَّمَهُ»رواه صحيح البخاري

“Dari Nabi bersabda : “Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mana mau belajar dan mengajarkan Al-Quran.”

[Hadist Shohih Bukhori No. 5027 Kitabu Fadhoil Qur’an]

 

    • 2885 – حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْروِ بْنِ السَّرْحِ، أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَافِعٍ التَّنُوخِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” الْعِلْمُ ثَلَاثَةٌ، وَمَا سِوَى ذَلِكَ فَهُوَ فَضْل: آيَةٌ مُحْكَمَةٌ، أَوْ سُنَّةٌ قَائِمَةٌ، أَوْ فَرِيضَةٌ عَادِلَةٌ “
      __________
      [حكم الألباني] : ضعيف

…sesungguhnya Rasulullah salallohu alaihi wasallam bersabda:”Ilmu itu ada tiga, selain tiga itu adalah tambahan (tidak wajib dicari) ayat yang untuk menghukumi (Al-Quran) atau sunah yang tegak (Sunnah Nabi) dan ilmu faroid yang adil”.

[Hadist Abi Dawud No. 2885 Kitabu Faroid]

124 responses to “Ayo Mengkaji Quran dan Hadist Bersama LDII – Lembaga Dakwah Islam Indonesia

  1. yg haq tetap lah haq

  2. Assalamuallaikum , saya lestyan dari bogor , saya jamaah dari kecil , saat ini saya sedang kuliah di UPN jatim (Surabaya) . Saya memilki teman perempuan di surabaya . Alamat dia di endrosono , sidotopo . Dia ingin mengaji , untuk tempat pengajian di deket tempat tinggal dia dimana ya ? Mohon info nya om , aljjkh ..

  3. LDII mengajak untuk mengaji Al quran dan Hadits, apakah ada juga pemilahan antara hadits shohih dan dho’if? Apakah di LDII ada ulama panutan yang dihormati?

    • Imam Bhukhari dan Imam Muslim tidak mencantumkan hadist-hadist dhoif dalam kitabnya, jadi semua hadist yg beliau berdua susun adalah shohih. Sementara Imam Muhadishin lain spt: Abu Dawud, Nasai, Termidzi dan Ibnu majah memuat hadist-hadist dhaif yang tujuannya adalah untuk memperkuat hadist-hadist shohih. Antara hadist shohih dan hadist dhaif sudah disebutkan dirinci oleh masing-masing Muhadishin, sedangkan tasqiq / verivikasi shohih dan dhaif oleh Al-Bani ada di hadist versi Maktaba Shamila. Untuk ulama panuatan, apa dan bagaimana yang anda maksudkan? kriteria apa seorang ulama dikategorikan panutan? dan bagaimana ulama yang tidak panutan?

    • asalamuallaikum,,,kalau hukum shohih,doif pasti ada,,kalau untuk ulama yang dihormati,itu sudah barang tentu,kpda pengurus,dan yang pasti semua wajib ngaji quran hadist.dari yang anak2-tua.wajib .

  4. untuk daerah bekasi, dimana saja tempat untuk pengajian LDII ?

  5. Assalamualaikum..

    Perkenalkan saya rama.
    Saya dlu pernah ikut ngaji ldii.. Tetapi privat di rumah kerabat saya di matraman. (Saya baru ikut ngaji beberapa hari). 😦

    Tetapi yg membimbing saya mengaji sudah menikah dan tinggal bersama istrinya.

    Saya tinggal di bekasi barat, perumahan Harapan Baru 1. Jl Kelapa Sawit 1 no. 21.
    Saya mw ikut mengaji hadist dan quran lagi. Tapi saya bingung dmn?

    Saya mau tanya.
    Di daerah Perumahan saya (perum Harapan Baru – bekasi barat) ada masjid ldii yg bisa saya kunjungi atau tidak.?

    Kalau ada Saya mohon di beri tahu alamat lengkapnya.
    Terima kasih.

    Wasalamualaikum.

  6. Caranya masuk Dan ikut mengaji dalam organisasi tsb bagaimana caranya..mungkin ada yg tertarik untuk ingin tahu tentang..apa sich itu LDII?

  7. Bismillah,
    Dulu saya bukan warga LDII, lantas saya mendapatkan hidayah ini dari suami saya, karena dia hanya mau menikahi saya bila saya juga ikut pengajian di LDII.

    Awalnya saya ragu karena banyak pandangan negative tentang LDII, terutama dari keluarga saya sendiri. Tapi karena saya cinta sama suami (dahulu pacar) saya, akhirnya saya paksakan untuk belajar mengaji di LDII.

    Selang tahun berjalan, saya justeru terkagum-kagum dengan metode pengajian LDII, semua yang dibahas ada dalilnya dan sangat kuat, saya seolah menemukan islam, ya yang benar-benar islam.

    Setelah saya menikah saya semakin mantap dengan keyakinan saya sebagai warga LDII, sangat jauh darp pandangan orang-orang yang menjelek-jelekkannya apalagi sampai bilang sesat.

    Saya perhatikan terutama di keluarga saya yang tiap hari mengikuti pengajian syukuran, maulidan, majelis dsb dengan orang yang sudah mengaji di LDII sangat jauh perbandingannya. Di LDII saya benar-benar ditotok, dicekoki dalil-dalil Alquran dan Hadits secara murni, tidak seperti di luaran, ilmunya sedikit tp bicaranya banyak, orang-orangnya ingin selalu kelihatan bahwa dia alim. Benar kata pepatah padi yang berisi itu semakin merunduk.

    Saya bangga menjadi warga LDII, saya niati hidup saya ibadah saya semata-mata hanya untuk Allah SWT, tidak seperti di luaran sebelum saya mengaji di LDII.

  8. mhn maaf mau tanya ustadz. yg berkembang dimasyarakat bhw yg bukan dari kelompok LDII itu kafir dan klo datang kemasjid LDII atau rumah2 orang2 LDII maka bekas kaki akan dibersihkan / dipell krn klo bukan kelompoknya dianggap Najis.
    mhn penjelasan langsung dari ustadz, jadi bukan katanya dan katanya. trims

    • Itu isu lama yang dihembuskan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Semua isu itu tidak benar, silakan anda membuktikan dengan datang di majelis-majelis ta’lim LDII

  9. SAYA SDH 12 TAHUN MENCIL DAN HIDUP PRIBADI DAN KELUARGA KACAU, TAPI MAU KE PENGAJIAN TERDEKAT SKT 6 KM MALU, GMN SOLUSINYA, YA MUBALIGH. MHN BANTU SAYA

    • asalamuallaikum,,,gak usah malu,,,kalau datang pas waktu puasa,,malamnya ikut tarawih,,ikut ngaji lagi,,,,,

  10. agus pranatha

    Assalaamu’alaikum…., kenalkan nama saya agus pranatha saya tertarik & ingin mengaji di LDII, adakah pengajian terdekat sekarang ini saya tinggal di jln masjid 2 sudimara timur ciledug tangerang, mohon arahannya & terima kasih sebelumnya.

  11. agus pranatha

    Perkenalkan nama saya agus pranatha saat ini saya tinggal/kost didaerah ciledug tepatnya belakang rumah sakit sariasih, saya tertarik & ingin mengaji adakah tempat ibadah yg terdekat untuk saya bisa menimba ilmu tersebut, terima kasih.

  12. Saya dulu sering mendengar issue tentang LDII ini atau dikenal dengan Islam jamaah, secara kebetulan(memang sudah diatur dari Allah) menantu saya masuk islam dan bertemu orang dari LDII. menantu saya dan anak saya ngaji , muballighotnya kerumah, ya saya ikutan ngaji. sampai saat ini saya ngaji terus dan inilah yang saya cari sebenarnya, pengajian yang benar. Hanya yang mengganggu pikiran saya saat itu kenapa kami dilarang shalat di masjid yang lain. Tapi setelah beberapa tahun dan hasil pemikiran saya, ternyata benar juga. Karena imam di masjid lain itu kadang2 tidak benar benar memahami arti Quran, jadi kita kalau mau ikut shalat, rasanya tidak pas.
    Hanya ada saran saya kalau melarang itu: harus pakai dasar. Karena kalau yang tidak mengerti hanya ikut2an saja bisa salah pengertian dan membuat issue yang tidak benar.

  13. saya hanya seorang ibu,Alhdulilah sy brsyukur skali anak2saya pada ngaji di LDII mereka slaalu taat beribadah dan slalu bantu ortu,sy miris skali mlihat teman saya yang punya anak susah nya minta ampun kalau disuruh sholat pdhal sudah baleg,ya….Alloh jauhkan anak2ku dari godaan syetan yang terkutuk,berikanlah anak2ku kesuksesan dunia dan akherat

  14. Asslamu’alaikum.. Maaf sblmny. Apakah dlm kitab yg di ajarkan ldii contohny kitabusholah hadistny semua benar2 shahih?? Krn bbrpa sy temukan hadistny dho’if??

  15. Assalamualaikum saya saat ini belum masuk ldii tapi saya ingin mencari seorang ukhti barangkali ada yg mau membantu saya untuk mengaji saya saat ini berdomisili di daerah bekasi mohon sekali bantuannya

  16. assalamualaikum….ada yang tau masjid yang berhampiran dengan bandara soekarno hatta?…ajkh

    • @rizqi : dkt bndara di rawa bokor yg ke arah terminal xderes dkt dg perum citra 8, sblh kanan nnti spbu dan sblhnya ada gudang worksop alat2 berat,ga jauh dr tmpat itu skitar 100m sblh knn masuk gang sdikit ad masjid ldii

  17. Amsol, info masjid ldii daerah cikokol tangerang. Semasa SD saya tinggal dng nenek saya di ciamis dan mengaji cabe rawit. Setelah pindah ke tangerang saya tdk lg mengaji. Mohon bantuannya saat ini saya memiliki bayi, jd mohon dibantu alamat masjid terdekat untuk sambung kembali di daerah cikokol tangerang.

  18. Bagus sekali untuk mengingatkan saudara saudara kita agar lebih giat beribadah

  19. mas mbak, yang saya hormati saya ingintahu soal konsep thaharahnya LDII itu bagai mana ya mulai dari cara bersuci macam-macam najis adakah perbedaan dengan yang lainnya? trimakasih

    • yang pasti ada banyak dalil nya mas,,,yang paling penting apabila najis pakaianya,ataupun tmpt untuk shalat maka shalatnya tidak shah.

    • alhamdullillah saya sudah mengaji untuk bab thaharoh,,,,mungkin bisa tanya langsung ke mubaligh,,karena puanjang.

  20. Alhamdulillah jaza kumullohu khoiro . mudah-mudahan Allah paring Manfaat dan barokah .

  21. beni ridianto

    Asalamualaikum
    Minta info pengajian sekitar cikarang baru atw pasir gombong penjalin dan sekitarnya
    Amsol hubungi 087734541500 atau beni.ridianto@gmail.com
    Alhamdulillah jaza kumullohu khoiro . mudah-mudahan Allah paring Manfaat dan barokah .

  22. rinapuspitasar@gmail.com

    Assalamu’alaikum nama saya rina, saya ingin mengaji di ldii tapi sebelumnya saya sudah mengaji di ldii budi agung bogor baru sekitaran 3 minggu, tapi karena tempatnya lumayan jauh, dan saya sudah beres kuliah jadi saya tidak kebogor lagi sya ingin mencari tempat mengaji di sekitaran ciampea bogor, tapi saya tidak tau tempatnya , saya ingin melanjutkan mengaji saya. Terimakasih

  23. maulina trijayanti

    Saya kagum dengan pemuda pemudi ldii, bisa di jadikan contoh untuk anak2 lainnya, walaupun ada juga yang nakal tapi setidaknya mereka mau mengaji dan di gembleng. Di lingkungan saya banyak sekali anak2 muda berpacaran kesana sini, nongkrong di perempatan dll sedangkan anak2 ldii tiap malem ngaji.selain itu anak2 ldii saya lihat sangat kompak dalam berbagai hal. Saya sering melihat anak2 ldii bersih2 masjid, ada kegiatan lomba2, dsb.
    Semoga yang lain bisa meniru yang baik dan mengingatkan jika ada yang kurang baik juga dengan cara yang baik.🙏🙏

  24. dulu saya remaja masjid aktivis masjid ,musholah,setiap pengajian hanya dengerin ceramah,dalam hati selalu bertanya kebenaran islam itu gimana,dalam sholat kalimat Ihdinassyirotolmustaqim selalu saya ucapkan dg tekanan suara yg mantap /Alhamdulillah Allah paring ditunjukkan oleh mertua yg sdh LDII,cari di Pmalang pasti ada,ALLAH paring sampai sekarang aku dan keluarga mantap jadi warga LDII.

    SRI MULYANI 02-08-2016

  25. Assalamuallaikum, saya agun saya tinggal (ngekos) di daerah gambiran Umbulharjo Yogyakarta, dan saya ingin bertanya tempat pengajian LDII terdekat di daerah sekitar saya tinggal. soalnya saya tinggal sendiri dan tidak tau harus mencari kemana. terimakasih
    wasalamualaikum.

  26. Assalamu alaikum.. saya mau gabung. tp tdk tau gimana caranya. saya sngt ingin benar2 bljr islam yg benar.. mohon penjelasannya apa yg hrs saya lakukan??

    • Anda datang saja ke kelompok pengajian LDII terdekat dan kemukakan pada pengurus setempat. Semoga barokah

      • Assalamualaikum. Kenapa harus ke pengajian LDII?, bukankah kita disuruh menuntut ilmu kepada guru yng menguasi ilmunya dan guru tsb sdh mengamalkan ilmunya. Sesuai apa yg diucapkan dgn yg diperbuat bahkan lebih dulu mengamalkan baru menyampaikan. Dan tugas guru bukan hanya menyampaikan tetapi mengawasi muridnya agar menjadi org sholeh.Wassalam

  27. asslam muaalikum..prknlkan saya muhamad ali ..umur 36 th. anak 2 orng..klo sy sekeluarga ikut jmah di ldii apkh msh bisa…

  28. assalamu’allaikum
    saya ingin bergabung dengan jama’ah ldii.
    tapi posisi saya berada diluar negeri.
    mohon maaf..
    adakah yang berkenan memberikan ajaran 2ataupun materi2 melalui private.
    karena dikampung saya tidak ada yang jamaah ldii.

    terimakasih untuk yang berkenan menjawab.

  29. Wajib tahu ilmu setelah itu baru amalkan

  30. Assalamualaikum saya dari luar ldii ingin mengaji di ldii kok rasanya sulit yaa ketika ingin bertemu pengurus daerah tempat tinggal saya tidak bisa ditemui terus alhasil saya masih belum bisa mengaji

  31. Assalamualaikum
    Mohon infonya alamat lengkap masjid yang deket pasar pabean surabaya

  32. Assalamualaikum
    Saya bukan anggota LDII, saya pernah berkunjung ke tempat kerabat saya yg merupakan anggota LDII, pada saat ashar tiba saya sengaja menumpang solat drmh kerabat saya.. Tapi tman saya agak merasa keberatan jika saya solat di rmhnya,, dn kerabat saya mengatakan sebaiknya solat di mesjid,,
    Yang mnjadi pertanyaan,, apakah LDII menganggap yg diluar anggotanya adalah najis,, secara peraktek kehidupan fakta yg selama ini saya lihat seperti itu,,,

  33. assallamu’allaikum.
    saya ingin belajar lebih dalam tentang jamaah LDII,pingin blajar hadist2nya.
    yang jadi masalahnya sekarang saya berada diluarnegri.mohon sarannya adakah yg bisa membimbing saya secara jarak jauh lebih paham hadist2nya.

  34. Abdoel wahab

    Alhamdulillahi jazakumullahu khoiro, smoga menjadikan bertambah terang jalan menuju tujuan akhir hudup hingga khusnul khotimah. Aamiiiin.

  35. Assalamualaikum Pak, apakah bisa bantu saya untuk bljr mngaji dari nol, saya sudah lama pak gak mngji dan saya jg ingin bljr ldii tp privat. Kalau ada tolong y pak infonya,trima kasih Wasalamualaikum.

  36. Saya Mau Tanya Tentang Sholat Khussoma Adakah Hadist Nya Tentang Sholat Sunah Itu…Mohon Penjelasanya Dan Al Qur’an Dan Hadist Nya…???
    Terimakasih

    • Ass.
      Oya saya mau nanya komplek jamaah yang dekat bandara soekarno dimana ya? Jazakumullahu khoiroh

  37. Dwi aprilita

    Assalamualaikum saya mau bertanya pengajian ldii di deket rumah saya didaerah pasir angin adanya dmn yah,

  38. ”” belajar itu tdk ada batasnya”””

Berikan komentar yang relevan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s